Saturday, May 10, 2008

Biografi Anas Urbaningrum

(BungAnas.com) Pemilu dalam pandangan Bung Anas adalah sebuah kompetisi berbagai kekuatan politik, karena Pemilu harus membuka peluang terjadinya kompetisi yang fair dan transparan.
Masing masing kontestan Pemilu mempunyai kesempatan dan peluang yang sama untuk mengekspresikan ideologi politik masing masing. Melalui mekanisme itu akan terjadi proses belajar antara satu kontestan dengan kontestan yang lain, serta terbangun pluralisme politik. "Rakyat yang akhirnya akan memberikan penilaian. Sebab rakyatlah juri yang paling adil," kata Bung Anas mantan Ketua Umum PB HMI periode 1997-1999.
Jangan mengaitkan usia dengan karier atau jabatan," ujarnya singkat. Laki-laki kelahiran Blitar, 15 Juli 1969, tercatat sebagai Ketua Bidang Politik Partai Demokrat.
Anas memang dikenal sebagai figur yang cerdas dan berpenampilan kalem. Walau kalem, dalam berbagai forum ia bisa galak. Kolomnis sejumlah media ini juga piawai beretorika baik lisan maupun tulisan.
Sejak SD hingga perguruan tinggi, Bung Anas selalu juara. Mahasiswa teladan dan lulusan terbaik Universitas Airlangga. Ia juga dikenal aktif berorganisasi sejak SMP. Saat sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir, Blitar, ia tercatat sebagai Sekretaris OSIS. Lalu menjadi Pengurus OSIS SMA Negeri Srengat, Blitar. Dari OSIS, Anas melangkah lebih jauh, memimpin organisasi kemahasiswaan berskala nasional: Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Anas adalah Ketua Umum PB HMI periode 1997 1999, dan Anggota KPU hingga 2005.
Sebelum terpilih menjadi anggota KPU, Anas sempat pula sebagai anggota Tim Persiapan Pembentukan KPU sekaligus anggota Tim Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu, yang dikenal dengan sebutan Tim Sebelas. Alumni Pasca Sarjana UI ini, juga tercatat sebagai anggota Tim Revisi Paket Undang Undang Politik yang dibentuk Departemen Dalam Negeri. Saat ini, Bung Anas adalah Ketua Bidang Politik Partai Demokrat.

3 comments:

gUS_sAS said...

sy putra Blitar, tepatnya dari kec. Talun. Sejak tahun 1995 tinggal di Tangerang. Sy bangga dan menaruh harapan pada bung Anas. Sebagai putra Blitar sya tidak ingin bung Anas lupa pada amanah rakyat. Maju terus. Keponakan saya di Blitar terinspirasi dengan munculnya pimpinan muda harapan bangsa.

Gaskara said...

inikah profil Ketum PD, std banget ya....

MSH said...

Politikus muda tapi rentan menjadi tikus muda juga, dan sebentar lagi hidup di penjara