Friday, July 23, 2010

Anas Urbaningrum Pamit dari Fraksi Demokrat

VIVAnews - Anas Urbaningrum memimpin rapat internal Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat untuk yang terakhir kalinya sebagai Ketua Fraksi. Anas melepaskan posisi Ketua Fraksi Demokrat, karena ia telah terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang baru dalam Musyawarah Nasional Partai Demokrat beberapa waktu lalu.

Sebagai konsekuensi atas keterpilihan Anas menduduki jabatan tertinggi di partai terbesar di tanah air tersebut, ia mengundurkan diri dari Ketua Fraksi dan anggota DPR RI agar bisa berkonsentrasi memimpin Demokrat selama lima tahun mendatang.

"Saya menghadiri rapat fraksi sekaligus pamitan sebagai Ketua Fraksi dan anggora DPR RI. Ini terakhir kali saya memimpin rapat fraksi," kata Anas.

Ia menambahkan, dirinya akan segera mengajukan surat pengunduran diri segera setelah ini. Anas pun berencana untuk mengumumkan penggantinya dalam waktu dekat.

"Tunggu saja, nanti saya umumkan. Yang jelas, pergantian ketua fraksi akan segera dilakukan," ujar Anas. Ia menekankan, partai akan memilih sosok yang paling tepat sebagai Ketua Fraksi yang baru. "Kriterianya ya harus lebih baik dari Ketua Fraksi sebelumnya."

Anas juga membenarkan adanya rencana pergantian pimpinan komisi di Fraksi Demokrat. Namun menurutnya, prioritas fraksi sementara ini adalah ke pergantian pimpinan fraksi.

Sebelumnya, Sekjen Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyatakan bahwa DPP Partai Demokrat akan menggelar rapat terbatas besok malam guna membahas soal pergantian pimpinan fraksi dan komisi. "Perubahan-perubahan itu bukan hal yang luar biasa," ujarnya. (sj)

No comments: