Wednesday, July 21, 2010

Soal Anas Tuntas, Demokrat Ganti Pimpinan Komisi

JAKARTA - Wakil Ketua Sekjen DPP Partai Demokrat, Saan Mustofa, mengatakan bahwa proses pergantian Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR yang kini masih dijabat oleh Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, sudah dimulai. Paling lambat sebelum masa tugas keanggotaan DPR periode ini genap setahun pada 1 Oktober mendatang, Fraksi Demokrat di DPR telah memiliki ketua fraksi baru.

Menurut Saan, pergantian Ketua Fraksi PD di DPR karena Anas Urbaningrum disibukkan oleh berbagai urusan terkait posisinya saat ini sebagai Ketua Umum PD. "Anas Urbaningrum saat ini benar-benar sibuk mengurus Partai Demokrat. Untuk itu Anas harus melepas jabatannya selaku ketua fraksi," tandasnya kepada wartawan di DPR, Rabu (21/7).

Menyinggung soal figur yang kelak akan memimpin Fraksi PD di DPR, Saan menegaskan, internal partai tidak akan terlalu sulit untuk mendapatkannya. Alasannya, karena Demokrat memiliki banyak figur. "Namun sesuai dengan mekanisme partai, pimpinan Partai Demokrat lebih mengutamakan soal kreteria. Soal orangnya sangat banyak," kata Saan lagi.

Lebih jauh diungkapkan, kriteria yang saat ini tengah dipertajam untuk memimpin Fraksi PD terdiri dari tiga syarat penting dan strategis. "Pertama, harus mampu membangun dan memperkokoh integritas internal partai, kedua cakap dalam berkomunikasi dengan publik, terutama soal agenda-agenda penting partai dan ketiga, punya kemampuan lobi yang kuat dan konsisten serta secara meyakinkan diterima oleh seluruh fraksi-fraksi yang ada di DPR," jelasnya.

Ditanya siapa saja yang paling berpeluang menjadi pengganti Anas, Saan menyebut sejumlah nama antara lain Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Jafar Hafsah, Sapri Yahya, Hayono Isman, Taufik Effendi, dan Sutan Bhatoegana. "Saya pribadi lebih dalam posisi siap menerima penugasan dari pimpinan partai," tegasnya.

Selain itu Saan juga menambahkan, seiring dengan proses pergantian Ketua Fraksi PD DPR, DPP PD saat ini juga tengah memproses evaluasi terhadap seluruh kader PD yang saat ini duduk dalam pimpinan-pimpinan komisi DPR. "Seiring dengan pergantian ketua fraksi, nantinya juga akan dilakukan pergantian terhadap pimpinan komisi-komisi sesuai dengan hasil evaluasi dan keahlian yang mereka miliki," imbuh Saan Mustofa. (fas/jpnn)

No comments: