Wednesday, May 12, 2010

Anas Yakin Dukungan DPC-DPD Solid

JAKARTA - Manuver politik kandidat lain tidak membuat calon Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum terpancing. Anas memilih sikap tenang sekaligus yakin dukungannya tetap solid.

Anas yang juga Ketua DPP Partai Demokrat mengaku rileks menghadapi persaingan politik di internal partainya menjelang Kongres Nasional Kedua di Bandung, 21_23 Mei mendatang.

Semua jenis kampanye yang dimunculkan lawan politiknya, Andi Mallarangeng dan Marzuki Alie, dihadapinya tanpa aksi pembalasan.


Cara berpolitik seperti itulah yang ingin ditunjukkan kandidat pengusung jargon "Politik Cerdas dan Sopan" yang menganut ajaran pendiri Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Saya selalu mengungkapkan kepada seluruh tim, DPC, dan DPD bahwa kita adalah penganut nilai ajaran SBY, yaitu politik cerdas dan santun. Kita adalah penganut politik putih, bukan politik hitam. Karena itu, kalau ada kampanye hitam, tak perlu dibalas," katanya, Rabu (12/5/2010) kemarin.

Mantan anggota Komisi PemilihanUmum( KPU) ini yakin bahwa cara berpolitik santun akan melahirkan suasana kongres yang kondusif. Dia sengaja tidak menunjukkan gerakan politik dalam upaya memenangkan kursi Ketua Umum DPP Partai Demokrat periode 2010_2015 mendatang.

"Saya ini yang paling rileks dari pada calon-calon yang lain. Memang tekanan pada saya paling kecil daripada calon yang lain," katanya.

Selain gerakan politiknya tidak ingin banyak diekspos, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR ini mengaku telah memiliki ikatan hati dan nalar politik yang sama dengan semua dewan pimpinan daerah dan dewan pimpinan cabang (DPDDPC) se-Indonesia.

Karena itu, dia optimistis bahwa dukungannya tidak akan bergeser hingga digelarnya pemilihan ketua umum DPP. Ditambah lagi dengan aktivitas politik yang telah dia rajut lima tahun sebelumnya sebagai Ketua DPP bidang politik. Hal itu sangat memudahkan dirinya untuk menjalin komunikasi dengan DPC dan DPD.

Keyakinan Anas atas soliditas para pendukungnya juga didasarkan pada hasil survei Lembaga Penelitian, Pendidikan,Penerangan Ekonomi, dan Sosial (LP3ES).

Dalam survei itu LP3ES mewawancarai para Ketua DPC dan DPD yang memiliki hak suara dalam pemilihan ketua umum Partai Demokrat dalam kongres nanti. Hasilnya, Anas unggul dengan 46,2 persen, Marzuki Alie 21,3 persen, serta Andi Mallarangeng hanya 2,3 persen.

"Saya tahu potret itu bisa berubah. Tetapi, dengan situasi seperti sekarang ini, saya rasa perubahannya tidak begitu besar. Ya, masih di kisaran itu saja," ujarnya.

No comments: