Thursday, May 6, 2010

Demokrat Tidak Ajukan Calon Menkeu

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan, partainya tidak akan mengajukan calon menteri keuangan pengganti Sri Mulyani Indrawati, yang mulai 1 Juni mendatang resmi menjabat sebagai direktur pelaksana Bank Dunia.

"Itu otoritas penuh Presiden. Jadi, kita serahkan sepenuhnya kepada Presiden siapa yang beliau percaya untuk menggantikan Ibu Sri Mulyani. Kami tidak akan mengajukan proposal," kata Anas di sela-sela peluncuran buku Sejarah dan Kemenangan Partai Demokrat, Kamis (6/5/2010) di Jakarta.

Hal ini, kata Anas, sejalan dengan sistem ketatanegaraan Indonesia, di mana Presiden memiliki hak prerogatif dalam mengangkat dan memberhentikan menteri. Soal adanya partai politik yang hendak mencalonkan calon menteri keuangan, Anas mengatakan, hal ini sepenuhnya kewenangan partai tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, sesuai naskah kesepakatan koalisi politik 2009, partai politik mitra koalisi pimpinan Partai Demokrat dapat mengusulkan calon menteri. Soal calon menteri keuangan pengganti Sri Mulyani Indrawati, Golkar, kata Idrus belum mengajukan calon. "Belum ada komunikasi politik," ujar Idrus.

No comments: