Thursday, May 6, 2010

Lagi, Demokrat Sulsel Temui Anas

Makassar, Tribun - Suara Partai Demokrat di Sulsel dikabarkan akan terpecah dalam kongres di Bandung, Jawa Barat, 21-23 Mei.

Informasi yang dihimpun Tribun menyebutkan dewan pimpinan daerah (DPD) dan 24 dewan pimpinan cabang (DPC) Se-Sulsel tidak solid untuk mengusung salah satu kandidat.

Sebanyak 21 DPC Se-Sulsel yang sebelumnya menghadiri deklarasi dukungan ke Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Alifian Mallarangeng Sabtu lalu, ramai-ramai menemui Ketua Fraksi Demokrat DPR RI yang juga salah satu calon Anas Urbaningrum di Jakarta, Rabu (5/5).

Seluruh ketua DPC yang sebelumnya mengikuti deklarasi dukungan ke Alifian disebutkan kembali hadir dalam pertemuan di Hotel Sultan Jakarta, malam tadi. Sebelumnya, saat deklarasi pencalonan Anas sebagai calon Ketua Umum DPP Demokrat di Jakarta beberapa waktu lalu, mayoritas DPC Se-Sulsel juga hadir.
Bahkan, dalam pertemuan kedua dengan Anas, kemarin, disebutkan sejumlah ketua DPC sudah menyerahkan dukungan dan kontrak tertulis kepada mantan Ketua Umum PB HMI tersebut.

Saat, pertemuan empat mata dengan Alifian di Makassar empat hari lalu beberapa ketua DPC juga disebut sudah menyatakan dukungan terbuka kepada mantan juru bicara kepresidenan ini.
"Pertemuan kali ini hampir dihadiri semua ketua DPC di Sulsel. Hadir semua, mayoritas juga sudah menyerahkan dukungan tertulis. Sudah teken kontrak ke kita. Kami tidak pernah menyodorkan (dukungan tertulis), teman-teman sendiri yang membuat secara sukarela dan menyerahkan.

Kami tidak memaksa mereka untuk pakai baju kandidat kami. Sejauh ini hampir semua daerah di Sulawesi sudah menyatakan dukungan," kata Koordinator Tim Anas Wilayah Timur Umar Arsal kepada Tribun, Rabu (5/5). Umar mengklaim pihaknya sudah mengantongi dukungan 80 persen suara wilayah timur mulai Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Sedangkan di Sulsel, sebanyak 19 DPC sudah bulat mendukung Anas. Umar menyebut dari seluruh delegasi Sulsel hanya Ketua DPC Makassar Andi Januar Darwis, Ketua DPC Enrekang Emil, dan Ketua DPC Toraja Utara Palino Popang.

"Tapi kawan-kawan yang tidak hadir sudah berkomunikasi dengan kami. Pak Januar masih sakit sedangkan Enrekang masih berduka. Beliau sudah telepon dan minta izin tidak bisa hadir. Gowa dihadiri dua ketua sekaligus sedangkan Toraja Utara akan menyusul dan tetap memastikan hadir," tambahnya.

Selain Sulsel, pertemuan dilakukan dengan seluruh provinsi di Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara. Seperti pertemuan Alifian di Makassar, pertemuan dengan Anas juga dilakukan dengan tatap muka langsung secara bergelombang. Selasa (4/5) menjadi giliran Gorontalo, Maluku, dan Maluku Utara sedangkan malam tadi Sulsel, Sulbar, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tenggara.(axa)

No comments: