Thursday, May 6, 2010

Dukungan Ke Anas Mengalir Dari Timur

DIAM-DIAM, dukungan buat Anas Urbaningrum duduk sebagai Demokrat mengalir dari wilayah timur Indonesia. Buktinya, 18 ketua DPC dari Sulawesi dan Maluku mau berkumpul di restoran Sari Kuring, kawasan Niaga SCBD Jakarta, kemarin. Mereka hadir untuk memberikan dukungan menyusul banyaknya black campaign yang mengarah ke Anas.

Dari ke-18 ketua DPC yang hadir, hanya DPC Kota Palu yang berani secara tegas menyatakan dukungannya kepada Anas. Sisanya memilih untuk menunggu waktu yang tepat."Saya selaku Ketua DPC Kota Palu sudah menghadiri semua penyampaian visi misi dan program para kandidat. Kemudian saya sampaikan pada rapat pleno DPC Kota Palu, yang dihadiri seluruh Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC).

Dalam rapat itu secara bulat mereka ingin memilih Anas. Jadi ini suara arus bawah," jelas Yos Soedarso, ketua DPC Kota Palu.

Menurut Wakil Ketua Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) ini, dukungan terbuka kepada Anas yang diungkapkan dua minggu sebelum pelaksanaan Kongres Demokrat diharapkan jadi sumber energi bagi jagoannya untuk terus berjuang meraih kursi Demokrat 1."Saya kira DPC Kota Palu perlu mengemukakan dukungannya secara terbuka, sehingga dapat memperjelas dukungan. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat menjadi spirit buat Pak Anas untuk tetap konsisten," ucap Yos.Bekas Ketua Tim Kampanye Pemenangan SBY-Boediono Kota Palu 2009 itu juga mengimbau kepada DPC Demokrat lain dapat mengikuti apa yang sudah dilakukan DPC Palu.

"Kami mengimbau kalau DPC-DPC sudah punya pilihan, hendaknya jangan berubah. Siapapun yang mengundang untuk mendengarkan visi-misi silakan saja menghadiri. Tapi harus komitmen pada pilihannya," paparnya.Saat ditanya apa alasan DPC Palu memilih Anas, Yos menjelaskan, Ketua Fraksi Demokrat di DPR ini sudah menjalin silaturahmi sejak lama. Terlebih sosoknya mirip dengan karakter politik partai yang diinginkan SBY bersih, cerdas, dan santun."Akses kita kepada Pak Anas sangat mudah, sehingga bila ada hal-hal yang ingin kita konsultasikan kepada beliau bisa disampaikan secara langsung. Bagi DPC Kota Palu yang penting adalah Pak Anas itu ikon baru Demokrat yang fatsoen-nya bersih, cerdas, dan santun," bebernya.

Soal black campaign, kata Yos, kebanyakan beredar lewat pesan pendek ke para pengurus DPC timur Indonesia. Siapa pengirimnya, tidak jelas. Tapi sudah dilakukan secara intensif sejak dua bulan menjelang Kongres Demo-krat yang akan digelar di Bandung, dua pekan lagi.Isi sms yang beredar antara lain Anas dinilai masih terlalu muda memimpin Demokrat, ditunggangi pihak luar, dan dituding ingin memisahkan peran SBY dari Demokrat."Tapi kami di Palu menganggap isu ini lucu, karena kami tahu betul rekam jejak Pak Anas," imbuh Yos.Koordinator Tim Sukses Anas Urbaningrum untuk wilayah Timur Indonesia, Umar Arsal mengaku bangga dengan dukungan terbuka dari DPC Palu kepada jagoannya.

Menurut Umar, ini merupakan pertanda baik, dukungan dari wilayah timur Indonesia akan mengalir. "Insya Allah, dukungan dari wilayah timur bisa mencapai 80 persen lebih. Saya berharap mereka bisa konsisten dengan pilihannya," katanya.Soal pernyataan sikap anti suap dan konsisten DPC Kota Palu memilih Anas, kata Umar ini menunjukan bahwa elit Demokrat di daerah sudah cerdas, mandiri, dan otonom dalam menentukan hak politiknya. "Itu menunjukan DPC-DPC cerdas dan mandiri," papar Umar. WIS

No comments: