Sunday, May 9, 2010

Survei Cirus Unggulkan Anas Urbaningrum

JAKARTA- Calon Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Anas Urbaningrum mengungguli hampir seluruh kriteria dalam 11 kualifikasi rating dalam survei profiling calon ketua umum PD versi opinion leader yang dilakukan oleh Cirus surveyors group bersama pusat kajian psikologi politik Universitas Indonesia.

Bahkan, Anas menduduki kategori very excellent dalam rating dimensi stabilitas emosi dengan skor 8,2 dalam indikator ketenangan dalam menghadapi serangan atau kritik. Skor tersebut jauh diatas skor kandidat lainnya yakni Andi Malarangeng yang hanya meraih 6,5 dan Marzuki Alie yang hanya mampu memperoleh skor 6,1.



Begitupun dalam rating-rating lainnya yakni rating dimensi visioner, Anas dianggap memiliki kemampuan menggulirkan visi jangka panjang dan menyusun program kerja jangka panjang melebihi dua kandidat lainnya, dengan skor 7,5. Selain itu, di dalam rating dimensi jiwa kepemimpinan, Anas pun dianggap memiliki kemampuan memimpin organisasi berskala nasional serta mampu memimpin PD selama lima tahun kedepan.

Anas juga menjadi unggulan dalam rating dimensi gaya kepemimpinan demokratis, rating dimensi keterampilan politik, rating dimensi keterampilan komunikasi politik, rating dimensi nasionalisme, dan rating dimensi integritas moral dengan indikator jujur, bebas dari korupsi dan bersih dari skandal moral, kesusilaan dan narkoba, meskipun skornya tak tertaut terlampau jauh dari dua kandidat lainnya. Bahkan, dalam rating dimensi religiusitas, Anas mengungguli kedua kandidat lain dengan skor 7,5 dan Marzuki di 6,7 serta Andi berada di posisi terbuncit dengan skor 6,4.

Kandidat lainnya, yakni Andi, hanya mampu mengungguli Anas di salah satu indikator dalam rating dimensi penampilan. Dengan indikator pesona dalam penampilan, serta penampilan rapi dan enak dipandang Andi berada di posisi lebih tinggi sedikit dari Anas dan Marzuki. Selain itu, Andi pun mengungguli Anas, yang hanya mampu meraih skor 7,5, dengan skor 7,8 dalam rating dimensi intelektualitas pada indikator latar belakang pendidikan. Meskipun, dalam rating yang sama, Anas masih mengungguli kedua kandidat dalam kemampuan mengeluarkan ide cemerlang serta kemampuan menyelesaikan persoalan pelik.

Hamdi Muluk, peneliti dari Cirus Surveyors Group, mengatakan survei ini dilatarbelakangi pendapat bahwa masyarakat dan elite politik pun berhak mendapat informasi yang detil tentang profil calon pemimpinnya. "Sehingga publik tak hanya mendapatkan informasi mengenai dukungan atau vote, tapi juga informasi tentang kualifikasi, karakter serta sifat-sifat calon pemimpin," katanya dalam paparan laporan hasil profiling tersebut di Hotlet atlet Century Park, Ahad (9/5).

Menurut dia, penilaian tentang profil serta karakter calon pemimpin politik dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan. Salah satunya dengan meminta penilaian opinion leader yang dianggap sebagai orang dengan kepedulian terhadap urusan publik dan politik, memiliki pengetahuan memadai, serta kemampuan memberikan penilaian objektif.

Penelitian tersebut, kata dia, dilakukan terhadap 150 opinion leader di 15 ibukota Provinsi di Indonesia, pada 24-30 April 2010 silam. Respondennya, tambah Hamdi, terdiri dari kalangan akademisi, pimpinan LSM, Pimpinan redaksi media cetak terkemuka, tokoh agama, dan tokoh politik tingkat provinsi, tokoh masyarakat dan budayawan.

No comments: