Tuesday, March 24, 2009

Anas: yang Pasti untuk Jajaki Kerjasama

VIVAnews – Salah satu tujuan pertemuan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, dengan Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera, Hilmi Aminuddin, untuk menjajaki kerjasama partai.

Pertemuan Yudhoyono yang kembali diusung menjadi calon presiden dengan tokoh senior PKS itu berlangsung tertutup. Mereka bertemu Selasa 24 Maret 2009 malam. Tempatnya dipilih di rumah pribadi Yudhoyono, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

“Terkait rincian hasil pertemuannya, hanya mereka berdua yang tahu,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, di Jakarta, Selasa 25 Maret 2009.

Pertemuan itu dilakukan 14 hari menjelang Pemilihan Legislator 9 April. Acara malam itu merupakan salah satu rangkaian agenda politik yang ditempuh para petinggi kedua partai.

Partai Demokrat sendiri, kata Anas, selama ini selalu menekankan jalan politik pintu terbuka. Artinya membuka peluang koalisi dengan partai manapun yang mempunyai visi dan misi sama.

Politik pintu terbuka juga ditempuh PKS. Buktinya, terakhir-terakhir ini petinggi partai yang menjadi bagian dari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono ini juga makin intensif menghadiri atau juga mengundang petinggi partai lain untuk bicara peluang koalisi.

“Jadi, baik Partai Demokrat maupun PKS punya kepentingan untuk menjaga peluang kerjasama lanjutan,” kata Anas. “ Tapi, apakah kami akan menjadi koalisi definitif atau tidak ke depannya, itu baru definitif setelah pemilu.”

No comments: