Saturday, March 14, 2009

Wilayah Kampanye SBY Banjir Pemilih

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 12 Provinsi yang menjadi wilayah kampanye Ketua Dewan Penasihat Partai Demokrat yang juga menjabat Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono banjir pemilih. Secara demografis, angka penduduk di 12 Provinsi wilayah kampanye SBY ini pun tergolong padat.

Hal ini ditegaskan Ketua bidang politik Partai Demokrat Anas Urbaningrum ketika menjawab perihal alasan kampanye SBY di 12 Provinsi yang dimulai Jumat (20/3) mendatang.

Ditemui di Jakarta, Sabtu (14/3), Anas mengemukakan, alasan memilih 12 provinsi SBY ini juga memperhitungkan jadwal SBY selaku Kepala Pemerintahan dan Kepala Negara. "Wilayah ini secara teknis mudah terjangkau," ujarnya.

Dalam penjelasan Komisi Pemilihan Umum, jadwal kampanye SBY di pekan pertama akan berkampanye di DKI Jumat (20/3), Denpasar (21/3), Makassar dan Palembang (22/3). Sedangkan pekan kedua, SBY akan berkampanye di Bandung (26/3), Serang, Banten (27/3), Medan (28/3), serta Banda Aceh dan Padang (29/3). Pekan ketiga. Jumat (3/4) di Bangkalan dan Surabaya (Jawa Timur), Sabtu (4/4) Yogyakarta, dan Minggu (5/4) Semarang.

Anas menjelaskan, kehadiran di wilayah tersebut dibutuhkan untuk memotivasi kader-kader partai di bawah untuk kerja politik lebih keras. "12 titik dipilih karena memang menjadi sentra politik di daerah masing-masing. Dan kami tidak memperhitungkan karena partai tertentu kuat di daerah itu," katanya.

Mantan Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) ini mengatakan, suara Partai Demokrat berdasar hasil survei merata di seluruh wilayah Tanah Air. Namun karena waktu yang tersedia terbatas, upaya untuk menghadirkan SBY di 33 provinsi tidak memungkinkan dilakukan. "Waktunya terbatas, hanya 9 hari," sergahnya.

Anas menegaskan, selama kampanye diikuti SBY, tugas di pemerintahan dan negara tak akan terganggu. "Masa cuti diatur sehingga tidak mengganggu tugas di pemerintahan," tandasnya.

Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indria Samego mengamini bila wilayah kampanye SBY merupakan area yang tepat untuk menjaga citra SBY di mata masyarakat."Wilayah itu memang sangat diperhitungkan," paparnya.

Indria menyebut, dari pemantauan yang dilakukan SBY mempunyai kekuatan hampir di 50 persen wilayah Indonesia . "Untuk JK hanya berada di Indonesia timur, dan Megawati Soekarnoputri di Bali, dan sebagian Jawa Timur," urainya.

Untuk diketahui, jadwal dan lokasi kampanye Wapres Kalla pada putaran pertama akan berlangsung Selasa (17/3) di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah, Sabtu (21/3) Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan, Minggu (22/3) Banten dan Jambi. Sedang putaran kedua diagendakan pada Rabu (25/3) di Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan, Kamis (26/3) Jawa Barat, Sabtu (28/3) DKI Jakarta, Minggu (29/3) Bengkulu dan Nusa Tenggara Timur. Sementara putaran ketiga akan dilaksanakan pada Kamis (2/4) di Jawa Timur dan Sulawesi Tengah, Sabtu (4/4) Jawa Tengah dan Kalimantan Timur, Minggu (5/4) Jawa Barat dan Sumatera Barat.

No comments: