Monday, March 23, 2009

PD Sua PKPI Bukan Koalisi Tandingan

INILAH.COM, Jakarta - Silaturahmi antarparpol jadi tren menjelang pemilu legislatif. Kali ini Partai Demokrat (PD) menyambangi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Namun pertemuan ini dikatakan PD bukan untuk membuat koalisi tandingan.

"Semangat dasar PD untuk menjalin komunikasi dan kerjasama politik bukan untuk menandingi rencana koalisi partai yang lain. Sampai sekarang pun belum ada koalisi," kata Ketua DPP PD Anas Urbaningrum melalui SMS.

Pertemuan berlangsung Kantor Kornaslu PKPI, Prapanca Raya, Jakarta, pukul 19.00 WIB, Senin (23/3). Pertemuan berlangsung tertutup antara Ketua Umum PD Hadi Utomo dan Sekjen PKPI Semuel Samson. Sedangkan Ketua Umum PKPI Meutia Hatta belum datang.

"Koalisi yg hendak kami bangun adalah untuk hadirnya pemerintahan yang makin kuat dan produktif bekerja untuk kepentingan rakyat. Peserta koalisinya siapa, kami terbuka dengan partai-partai yang bisa berkoalisi dengan kesamaan visi dan kesediaan bekerjasama dengan adil dan konsisten," ujar Anas.

PD, lanjut dia, tidak menjalankan politik pintu tertutup. PD juga tidak menjalankan gagasan koalisi reaktif. PD aktif mengambil prakarsa dan terbuka menerima prakarsa komunikasi, sebagai tahap awal untuk preparasi menuju koalisi politik pilpres, setelah pemilu legislatif nanti.

"Pertemuan dengan PKPI dalam rangka menjaga dan memperdalam silaturahim dan kerjasama yang selama ini telah berlangsung. Kemungkinan yang lebih baik tentang kerjasama ke depan harus tetap dijaga, demi terbangunnya pemerintahan yang kuat dan efektif. Kerjasama yang kokoh adalah jembatan emas bagi pemerintahan demokratik yang kuat dan didukung mayoritas. Sedangkan pemerintahan yang kuat dengan kepemimpinan yang tangguh adalah jembatan emas bagi kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa," urai Anas. [sss]

No comments: