Thursday, March 26, 2009

Pertemuan Intensif Di Cikeas

(republika.co.id) JAKARTA - Sinyal-sinyal Partai Demokrat (DPD) mempererat hubungan dengan partai-partai politik (parpol) dalam koalisi pemerintah terus menguat menjelang pemilu legislatif (pilleg). Ini terlihat dari penguatan komunikasi PD dengan beberapa parpol dalam pekan ini, yaitu dengan PKS, dan kini dengan PKB.

Ketua PD Bidang Politik Anas Urbaningrum menegaskan soal pendirian PD soal komunikasi intensif di pekan ini. Menurutnya, pertemuan intensif itu adalah lanjutan dari silaturahmi dengan beberapa parpol yang digelar dua pekan sebelumnya.

''Yang dibahas adalah masalah-masalah kebangsaan dan kenegaraan, termasuk isu-isu mutakhir. Komitmennya adalah agar pemerintahan berjalan sampai selesai dan pemilu berjalan dengan sukses,'' katanya saat dihubungi di Jakarta, Kamis (26/3).

Soal penggalangan koalisi baru dengan cara PD berkomunikasi intensif begitu, Anas hanya mengatakan, ''Soal koalisi baru akan dibahas setelah pelaksanaan pileg.''

Kendati begitu, dia menambahkan, dari pertemuan periode kedua dengan parpol-parpol di koalisi pemerintahan, akan ada pendalaman lebih lanjut dalam beberapa waktu ke depan. ''Pertemuan lanjutan akan dilaksanakan, sebagaimana pernah berlangsung pertemuan dua pekan silam. Setelah pileg, sangat mungkin makin intensif.''

Dikatakannya, pertemuan komunikasi dan silaturahmi dengan beberapa parpol guna menghadapi pilleg dilakukan PD dalam dua pekan yang lalu. Jajaran DPP PD, yaitu Ketua Umu Hadi Utomo, Sekjen Marzuki Ali, Anas, dan Ketua Fraksi PD di DPR Sjarifuddin Hasan bertandang ke kantor-kantor DPP parpol, antara lain PPP, PKB, PKS, PAN, dan PKPI.

Di pekan ini, PD melakukan pertemuan lanjutan. Pertemuan itu berlangsung antara Ketua Dewan Pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan jajaran DPP PD dengan jajaran penasehat, majelis syuro, dan ketua umum beberapa parpol di kediaman SBY di Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

''Pertemuan itu adalah silaturrahim antara Ketua Wanbin PD (SBY) dengan mereka. Pertemuan itu sudah lama direncanakan,'' kata Anas mengomentari pertemuan SBY dengan Ketua Umum PKB di Cikeas, Kamis siang.

Pertemuan ini adalah silaturahmi antara kedua partai politik yang sekarang tengah bekerja sama di dalam pemerintahan. Anas menambahkan, ini merupakan kelanjutan dari pertemuan PD dan PKB dua pekan silam.

Pendapat serupa juga disampaikan Anas saat pertemuan silaturahmi SBY dengan Majelis Syura PKS Ustadz Hilmi Nasution, beberapa hari yang lalu. Demikian juga komentarnya soal pertemuan SBY dengan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir yang berlangsung Rabu (25/3) malam.

''Pertemuan dengan nada dan substansi yang mirip-mirip juga berlangsung antara SBY dan SB, tadi malam,'' katanya.

Hanya, soal PAN ini, Anas mengatakan, ada substansi yang berbeda. ''Agak beda sedikit, karena PAN mengambil jalan sebagai mitra kritis Pemerintah. Namun demikian, sekarang setrumnya terasa makin nyambung.'' wed/pur

No comments: