Monday, March 23, 2009

PD Tak Masalah Penentuan Koalisi Hanya 7 Hari

(detik.com) Jakarta - Partai Demokrat (PD) menganggap tidak ada masalah terhadap waktu yang sempit untuk menentukan koalisi. Bagi PD, koalisi bisa cepat dilakukan sebab tidak membutuhkan waktu yang lama.

"Saya kira tidak ada masalah mendefinitifkan. Koalisi tidak butuh waktu terlalu lama," ujar Ketua DPP PD Anas Urbaningrum dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Selasa (24/3/2009).

Semua parpol, sejauh ini menyatakan akan melakukan koalisi setelah Pemilu Legislatif. Bila mengacu hal itu, maka waktu koalisi sangat sempit. Dari itung-itungan jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), parpol hanya memiliki waktu 7 hari untuk menentukan koalisi sebelum pendaftaran pasangan capres dan cawapres ditutup pada 16 Mei.

Menurut Anas, selama ini komunikasi dan penjajakan antar partai sudah berjalan. Visi dan haluan partai tidak jauh berbeda. "Hal ini memudahkan terbangunnya visi bersama koalisi," katanya.

Anas menilai, hasil pemilu pada minggu keempat bulan Maret sudah bisa diketahui meski belum resmi. "Hal ini akan mempermudah partai-partai untuk mulai membicarakan power sharing," imbuhnya.

Realitas politik tentang tingkat elektabilitas para bakal capres, menurut Anas, akan menyediakan kemudahan dalam mendorong partai-partai untuk berhimpun ke dalam koalisi tersebut.
( did / iy )

No comments: