Tuesday, March 24, 2009

Demokrat Minta Tetap Ada Rapat Umum

(republika.co.id) JAKARTA -- Partai Demokrat ngotot agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak melarang kampanye dengan bentuk rapat umum terbuka.

Ketua DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengatakan metode kampanye sebaiknya diserahkan ke masing--masing pasangan capres/cawapres, asal tidak keluar dari aturan UU Nomor 42 tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden/Wapres.

''Rapat umum sebaiknya tidak dilarang. Apakah capres akan berkampanye rapat umut atau memilih cara lain, itu terserah masing-masing,'' kata Anas pada Republika, Rabu (25/3) pagi.

Ia juga kembali menegaskan kesiapan Demokrat dan Susilo Bambang Yudhoyono untuk berdebat dengan kandidat capres dari manapun juga. ''Debat akan membantu pemilih mendapat kejelasan visi dan misi dan program tiap kandidat,'' katanya.

Tradisi debat baru ini, yang menurut KPU meniru debat antarkandidat di AS, juga akan memberi pendidikan politik ke masyarakat. Masyarakat akan melihat perbedaan antarpasangan kandidat. ''Ini penting agar masyarakat ada acuan politik sebelum menentukan pasangan kandidatnya di bilik suara nanti,'' pungkas Anas. - evy/ahi

No comments: