Tuesday, March 17, 2009

PD: Dekati PKB Bukan Saingi Golkar-PDIP

INILAH.COM, Jakarta - Manuver Partai Demokrat (PD) yang mengunjungi PKB bukan dimaksudkan untuk menandingi koalisi Golkar-PDIP. Sebab, prakarsa komunikasi yang diambil PD bukan gagasan politik reaktif pascapertemuan Jusuf Kalla-Megawati.

Hal itu diungkapkan Ketua Bidang Politik DPP PD Anas Urbaningrum, saat menjawab pertanyaan INILAH.COM, di Jakarta, Selasa (17/3). "Semangat dasar Partai Demokrat untuk menjalin komunikasi dan kerjasama politik bukan untuk menandingi rencana koalisi partai lain," akunya.

Menurut Anas, PD aktif mengambil prakarsa dan terbuka menerima prakarsa komunikasi. Langkah itu sebagai tahap awal untuk preparasi menuju koalisi politik menuju pilpres. "Kami tidak menjalankan politik pintu tertutup. Kami juga tidak menjalankan gagasan koalisi reaktif," ujar mantan anggota KPU ini.

Koalisi yang dibangun, lanjutnya, adalah untuk menghadirkan pemerintahan yang kuat dan produktif bekerja untuk kepentingan rakyat. Namun, PD belum melakukan koalisi resmi apapun dan dengan siapapun.

"Peserta koalisinya siapa. Kami terbuka dengan partai-partai yang bisa berkoalisi dengan kesamaan visi dan kesediaan bekerjasama dengan adil dan konsisten," papar mantan Ketua PB HMI ini. [ikl/nuz]

No comments: