Wednesday, March 18, 2009

PD Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu

Jakarta (detik.com) - Ketua DPP Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi 5 tahunan tanggal 9 April mendatang. Anas meminta persiapan pemilu tidak dipolitisasi apalagi sampai diusulkan ditunda.

"Mari jaga pemilu untuk tetap berjalan lancar sesuai tahapan dengan prinsip Luber dan Jurdil. Ini sama pentingnya dengan menjauhkan politisasi atas hal-hal yang tidak relevan dan jauh dari semangat bertanggung jawab," kata Anas kepada detikcom, Kamis (19/3/2009).

Menurut Anas, kasus Pilkada Jatim tidak relevan dijadikan tolok ukur untuk menunda Pemilu 9 April mendatang. Mantan anggota KPU ini juga menyangsikan isu adanya manipulasi DPT oleh KPU dalam Pemilu 2009.

"DPT Pilgub Jatim atau yang dipersoalkan di Sampang dan Bangkalan, tidak ada relevansinya dengan pemilu legislatif. DPT yang disoal itu pun, apakah benar ada
manipulasi, juga belum jelas," papar Anas.

Anas menegaskan bahwa kewenangan menyusun dan menetapkan DPT adalah institusi KPU sebagai badan penyelenggara pemilu yang independen."Mengkait-kaitkan dengan intervensi pemerintah (dalam kasus DPT), jelas tidak relevan," pungkas Anas.

Sebelumnya diberitakan Prabowo dan Megawati bertemu membahas masalah DPT. Keduanya khawatir terhadap informasi yang disampaikan Herman mengenai dugaan pemalsuan daftar pemilih tetap (DPT) dalam kasus Pilkada Jatim bakal terulang dalam Pemilu 2009.

Usai menemui Mega selama 1,5 jam di Jl Teuku Umar, Jakarta, Rabu (18/3/2009), Prabowo mengusulkan wacana penundaan pemilu jika KPU belum siap."Dan kalau memang belum siap, KPU harus jujur, kalau perlu pemilu ditunda," pinta Prabowo.

( yid / nrl )

No comments: