Tuesday, April 27, 2010

Anas: Partai Demokrat Butuh Proses Regenerasi yang Sehat

TEMPO Interaktif, Jakarta - Calon Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengingatkan kembali bahwa sebagai partai baru, Partai Demokrat membutuhkan proses politik yang sehat, matang, dewasa dan menghargai calon lainnya dalam proses regenerasinya.

"Gunakan politik putih yang baik, artinya tidak boleh saling serang, merendahkan, melakukan kampanye negatif," kata dia di Gedung DPR, Selasa (27/4).

Pernyataan Anas ini mengomentari ajakan bergabung dari pesaingnya, Andi Mallarangeng. Menurut Anas, kultur politik seperti yang dituturkannya itu menjadi penjamin masa depan Partai Demokrat.

"Membangun tradisi seperti itu harus di ikhtiarkan, tidak mungkin lahir begitu saja, tidak mungkin datang dari langit," kata Ketua Fraksi Demokrat di DPR itu.

Anas menekankan, lebih elok diajarkan kompetisi yang baik dengan semangat persahabatan, dan bukan konflik. "Kompetisi yang justru bisa mendorong konsolidasi partai sejati, bukan memecah belah. Itu yang harus dibangun," ujar Anas.

Anas menyatakan tetap berpikir positif bahwa ajakan yang datang dari kubu Andi Mallarangeng mengandung motivasi yang baik dan positif. "Nanti juga kita akan bergabung lagi (usai Kongres)," kata dia.

Kongres yang diantaranya akan menyajikan ajang perebutan posisi Ketua Umum akan digelar Partai Demokrat bulan depan di Bandung, Jawa Barat.

No comments: