Sunday, April 11, 2010

Suvei LP3ES Benar Adanya

JAKARTA (RP) - Survei Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi Sosial (LP3ES) yang menempatkan Anas Urbaningrum (AU) favorit sebagai ketua umum Partai Demokrat benar adanya. Salah satu ketua DPC, Tridianto memastikan dirinya telah dihubungi tenaga surveyor LP3ES untuk mencari tahu tentang calon ketua umum Demokrat.

"Benar sekali, kami telah telah diwawancarai oleh LP3ES. Saat itu saya beserta sekretaris DPC menyatakan AU (Anas Urbaingrum, red) layak untuk menjadi ketua umum Partai Demokrat berikutnya,’’ kata Ketua DPC Cilacap Tridianto, kepada JPNN, di Jakarta, Sabtu (10/4).

Menurut Tridianto, dalam survei LP3ES itu sangat jelas menunjukkan elektabilitas AU jauh melebihi MA dan AM.

Terlebih lagi dukungan 30 DPC yang tergabung di forum ketua DPC PD se Jawa Tengah. ‘’Kami, dalam Forum Ketua DPC solid untuk AU. Itu yang kami nyatakan dalam survei LP3ES,’’ ungkapnya.

Dukungan ini pun, lanjut Tridianto, tidak akan berubah. Ahad (11/4) akan disampaikan secara tertulis saat deklarasi dukung AU pada di kawasan Candi Borobudur. ‘’DPC yang berada di Provinsi Jateng dan DIY akan bersama-sama melakukan deklarasi dukung AU. Itu semua bukti bahwa AU menang berdasarkan survei dan ril di lapangan,’’ imbuhnya.

Hal senada juga dijelaskan oleh Ketua DPC Blitar, Jawa Timur, Heru Suharyanto. Heru menegaskan survei LP3ES benar menunjukkan realitas dukungan grass root terhadap AU. Menurut Heru, beberapa rekan-rekannya sesama pengurus DPD dan DPC di Jawa Timur menyatakan yang sama, bahwa untuk di Jawa Timur, AU unggul 95 persen.

‘’Meskipun LP3ES dalam surveinya tidak menjelaskan peta dukungan per wilayah, namun saya yakin, lembaga survei itu mempunyai data bahwa Jatim siap memenangkan AU,’’ ucapnya yakin.

Menurut Heru, dasar kecenderungan DPD dan 38 DPC di Jatim untuk memilih AU karena hubungan persaudaraan sebagai satu kampung. ‘’AU itu besar di Jatim, dia lolos ke DPR karena memiliki suara yang maksimal di dapil Jatim 6. Jadi kami juga akan siap mengantarkan beliau untuk menjadi ketua umum Partai Demokrat ke depannya,’’ terangnya.

Selain itu, AU juga dianggap telah banyak membantu perkembangan Partai Demokrat di Jatim. ‘’Pak Anas itu ringan tangan membantu pendanaan kepada DPC dalam kegiatan perkembangan partai. Teman-teman sendiri menganggap Bang Anas adalah kader potensial yang dimiliki oleh Jawa Timur, setelah Pak SBY,’’ imbuhnya.

Di luar Pulau Jawa, kebenaran atas survei LP3ES juga diakui oleh Ketua DPC Demokrat Puncak Jaya, Asis Matdoan. Menurut dia, dari 30 suara di Papua, yakni 29 DPC dan 1 suara DPD, dimungkinkan besar akan mengarah pada AU. Yakni dianggap sebagai sosok kader muda Partai Demokrat yang memiliki kualitas mumpuni sebagai seorang pemimpin.

‘’Kami dari provinsi yang terjauh di wilayah timur Indonesia berharap supaya PD ke depan menjadi baik dan lebih baik lagi. Harapan itu ada di tangan AU, dan kami pernah nyatakan hal itu pada salah satu lembaga survei,’’ ujarnya.(dil/jpnn)

No comments: