Sunday, April 11, 2010

Kubu Anas Klaim Unggul di Sulawesi

JAKARTA -- Persaingan ketua umum Partai Demokrat terus memanas. Kubu Anas Urbaningrumyang bakal menggantikan kepengurusan Hadi Utomo mengklaim unggul di Sulawesi.

Bahkan di Sulawesi Selatan pun yang menjadi kampung, Andi Mallarangeng diakui telah memberikan dukunganya.

Koordinator Tim Sukses Anas Urbaningrum Wilayah Sulawesi, Umar Arsal mengatakan dari 24 suara yang ada di Sulsel, 18 sudah dipastikan mendukung Anas Urbaningrum. “18 dari 24 sudah mendukung Anas,” kata Umar disela-sela jumpa pers di Senayan,

Jakarta, Minggu, 11 April.

Sementara sisanya akan diperebutkan oleh kandidat lainnya antara Andi Alifian Mallarengeng dan Marzuki Alie. Umar meyakini dukungan itu akan terus bertambah seiring menjelang Kongres II Partai Demokrat di Bandung, 21-23 Mei.

Asal tahu saja, mekanisme pemungutan suara pada kongres dimiliki masing-masing DPC, DPD dan DPP yang memiliki satu suara. Menurut Umar, di Sulsel ada 23 DPC dan satu suara DPD.

Umar merinci, untuk Sulawesi Barat (Sulbar), empat mendukung Anas dari enam pemilik suara. Sulawesi Tengah, 10 dari 12 suara. Gorontalo, 5 dari 6 suara, Sulawesi Utara, 5 dari enam suara. Sulawesi Tenggara sendiri, Umar yang juga anggota DPR Dapil Sultra itu memastikan solid dengan 13 suara.

Bentuk dukungan itu kata Umar akan disampaikan pada deklarasi yang rencananya akan digelar Kamis (15/4) di Hotel Sultan. ” Jadi, bukan hanya melakukan pendekatan saat menjelang pemilihan ketua umum, tapi jauh sebelumnya, komunikasi sudah dilakukan. Dan sampai saat ini komunikasi terus berjalan. Sulawesi itu boleh dikatakan 90 persen mendukung Anas,” katanya.

Anas selaku Ketua DPP Demokrat Bidang Politik, kata Umar, menjadi salah satu faktor para pengurus DPC dan DPD memberikan dukungannya. Selama satu periode kepengurusan Partai Demokrat, kata dia Anas lebih dikenal para pengurus di daerah.

”Salah satunya adalah kader kita yang beralatarbelakang HMI. Walaupun semua kandidat menyatakan kader HMI tetapi Anas yang seratus persen karena dia mantan Ketua Umum PB HMI,” ungkapnya. (awa)

No comments: