Sunday, April 11, 2010

Mayoritas DPC PD Yogya dan Jateng Dukung Anas Urbaningrum

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 29 dari 35 DPC Partai Demokrat (PD) wilayah Jawa Tengah mementahkan klaim kandidat Ketua Umum PD, Andi Mallarangeng. Mereka menorehkan dukungan terhadap kandidat lain, Anas Urbaningrum, di selembar kertas pernyataan sikap. Dukungan juga mengalir dari lima ketua DPC PD se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Dukungan para ketua DPC ini tanpa paksaan dan tekanan," kata ketua tim sukses Anas Urbaningrum wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Sudewo, di Yogyakarta, Minggu (11/4/2010).

Menurut Sudewo, surat pernyataan dukungan tersebut menunjukkan, politisi dari Blitar, Jawa Timur itu layak menjadi pengganti Hadi Utomo karena memiliki kemiripan karakter dengan Ketua Dewan Pembina PD, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurut dia, karakter Anas yang santun, bersih dan cerdas serta tidak pernah membuat orang tersinggung, sudah menjadi karakter Anas sejak lama. "Dia tidak membuat-buat karakter ini hanya sekadar menjelang kongres," paparnya.

Tahu Demokrat
Lebih lanjut, anggota DPR ini mengatakan, peran Anas di Demokrat selama lima tahun cukup memperluas wawasan dan pengetahuan perihal kondisi akhir Demokrat. "Dulu sekitar 359 DPC yang mendukung Anas. Sekarang, sudah mencapai 480 suara," urainya.

Ketua DPC Purworejo ini mengemukakan, kehadiran Andi Mallarangeng di Jawa Tengah beberapa hari lalu, bukan untuk menggalang dukungan. Total pemegang suara pemilihan Ketua Umum PD mencapai 531 suara. Hak suara tersebar di 497 DPC, 33 DPD dan satu DPP.


No comments: