Thursday, June 25, 2009

Anas: Ada Logika Terbalik Soal KPK

(matanews.com) Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan, pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang KPK adalah dukungan dan penegasan betapa pentingnya pemberantasan korupsi yang dijalankan dengan sungguh-sungguh, tegas, tanpa pandang bulu, adil dan akuntabel.

Menurut Anas, dalam pernyataan itu, amat jelas SBY mendorong agar RUU pengadilan Tipikor bisa dituntaskan oleh DPR yang sekarang. “Tapi kalau dalam kondisi kegentingan yang memaksa, SBY berkomitmen menyelamatkan dengan menerbitkan Perpu,” ujar Anas saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Oleh karena itu kata Anas, pihak yang menganggap SBY ingin membubarkan KPK adalah anggapan yang berbasis pada logika terbalik. “Yang ditegaskan SBY adalah, betapa pentingnya kehadiran prinsip akuntabilitas dalam penyelenggaraan kewenangan, termasuk kewenangan khusus yang dipunya KPK dalam pemberantasan korupsi,” kata Anas.

SBY berharap kata Anas, sebagai sapu terkuat dalam pembersihan korupsi KPK harus benar-benar bersih, kredibel dan akuntabel. “Terhadap prinsip akuntabilitas kewenangan khusus, kami yakin KPK bersepakat. KPK pasti berusaha menjaga dan mengembangkan kredibilitas dan marwah lembaganya dengan pelaksanaan kewenangan yang benar-benar akuntabel. ,” papar Anas.

Untuk itu kata Abnas, KPK, SBY dan seluruh masyarakat pasti setuju dengan terjaganya kepercayaan publik terhadap institusi terkuat dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.(*z)

No comments: