Saturday, June 13, 2009

Aneh, Pilpres Satu Putaran Kok Diprotes

JAKARTA (republika.co.id) – Sindiran Capres Jusuf Kalla bahwa mengkampanyekan pilres akan berlangsung satu putaran merupakan bentuk keangkuhan, ditanggapi kubu SBY-Boediono.

Ketua DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengatakan hal itu boleh-boleh saja dikampanyekan. dan bukannya bentuk kearogansian. “Yang justru aneh adalah ada pihak yang protes terhadap ikhtiar dan kampanye pilpres satu putaran ini,” ujar mantan ketua PB HMI ini, kepada Republika, Sabtu (13/6).

Dia melanjutkan, apa bedanya dengan kampanye dua putaran. “Buat kami, apakah pilpres berlangsung satu atau dua putaran, itu tergantung kepada pemilih,” katanya.

Perkara ada pihak yang berjuang agar pilpres berlangsung satu putaran atau ada yang ingin dua putaran, lanjutnya, semuanya sah, halal, dan wajar dalam kompetisi demokratis. “ Kami toh tidak pernah memprotes pihak-pihak yang berkampanye pilpres bakal dua putaran dan juga didukung oleh lembaga survey,” tambahnya.

Namun, tutur dia, hal penting penting yang harus dijaga bersama adalah bagaimana pilpres berlangsung luber, jurdil ,dan bermartabat. Semua pihak, dia harapkan, menjaga komitmen untuk berlangsungnya pilpres yang demokratis, tertib, aman, dan damai.

“Apakah ada yang ingin satu atau dua putaran dan apakah hasilnya satu atau dua putaran, itu bukan wilayah yang perlu dipersengketakan. Menyoal hal-hal seperti itu tergolong mubazir,” katanya menandaskan. -c89/ahi

No comments: