Thursday, June 25, 2009

Anas: SBY Ingin Bubarkan KPK Anggapan Berbasis Logika Terbalik

(detik.com) Jakarta - Pernyataan Presiden SBY mengenai KPK merupakan penegasan betapa pentingnya akuntabilitas penyelenggaraan kewenangan. Pihak KPK pasti sepakat bahwa akuntabilitas kewenangan sangat penting dalam perang melawan korupsi.

"KPK, SBY dan kita semua pasti setuju dengan terjaganya kepercayaan publik terhadap institusi terkuat pemberantasan korupsi di Indonesia ini," ujar Ketua DPP PD Anas Urbaningrum melalui telepon, Kamis (25/6/2009).

Menurut Anas, pernyataan SBY yang kemudian dipolitisasi kompetitornya di Pilpres 2009 hingga berubah konteksnya itu sebenarnya justru dukungan dan penegasan pemberantasan korupsi yang dijalankan tegas, tanpa pandang bulu dan adil. Sebagai lembaga terkuat dalam upaya pembersihan korupsi, KPK juga selalu menjaga dan mengembangkan kredilibitas dan akuntabilitas pelaksanaan kewenangannya.

"Terhadap pentingnya prinsip akuntabilitas pelaksanaan kewenangan pasti pihak KPK bersepakat," sambung Anas.

Terkait lambannya proses pengesahan RUU Pengadilan Tipikor, jelas Anas, pemerintahan SBY mendorong agar bisa dituntaskan DPR 2004-2009. Tetapi bila tenggat waktunya itu belum juga tuntas, maka dalam kondisi yang dan memaksa demikian SBY berkomitmen menyelamatkan dengan
menerbitkan perppu pembentukan pengadilan pidana korupsi itu.

"Jadi kalau ada yang menganggap SBY ingin membubarkan KPK, itu adalah anggapan yang berbasis pada logika terbalik," tandas Anas.

(lh/nrl)

No comments: