Saturday, June 13, 2009

Tim SBY-Boediono Belum Terpikir Soal Pilpres 2 Putaran

Kupang (detik.com) - Tim pemenangan SBY-Boediono mengaku kini belum memikirkan taktik untuk memenangkan pilpres putaran dua. Tapi bila pada akhirnya putaran dua harus terjadi, mereka pun siap menjalaninya.

"Kami konsentrasi untuk 8 Juli. Tetapi kalau musti dua putaran dan atas kemauan rakyat, kami siap berkompetisi yang bersih dengan skenario apapun juga," kata Ketua DPP PD Anas Urbaningrum pada detikcom, Minggu (13/6/2009).

Mantan anggota KPU itu menyatakan usaha parpol koalisi pendukung SBY-Boediono memenangkan pilpres dalam satu putaran bukan strategi semata. Melainkan bertujuan untuk memperkokoh legitimasi pemerintahan terpilih hasil Pilpres kelak.

Di atas itu semua harus dijaga bersama agar pilpres berlangsung jujur, adil, bebas dan bermartabat. Termasuk memastikan pilpres berlangsungnya demokratis, tertib, aman dan damai. Tidak perlu dipersengkatakan apakah pilpres berlangsung satu atau dua putaran.

"Mubazir menyoal hal-hal seperti itu. Perkara ada yang berjuang agar pilpres berlangsung 1 putaran atau ada yang ingin 2 putaran, semuanya sah, halal, dan wajar dalam kompetisi demokratis. Satu atau dua putaran, kita musti terima sebagai realitas demokrasi," tutur Anas panjang lebar.

Hasil jajak pendapat Soegeng Sarjadi Sindycate (SSS) menyimpulkan elektabilitas SBY-Boediono menurun. Ada kemungkinan Pilpres 2009 berlangsung dua putaran.

( lh / irw )

No comments: