Monday, June 15, 2009

SBY-Boediono Pegang Kunci Utama Kuatkan Presidensiil

(wartaone.com) Jakarta - Modal mayoritas di parlemen dan besarnya dukungan suara rakyat dipastikan akan memperkuat sistem pemerintahan presidensil SBY-Boediono. SBY-Boediono akan berjuang untuk melaksanakan 5 isu pokoknya.

"Kita sukar mambayangkan adanya pemerintahan presidensil yang kuat dan efektif kalau hanya didukung 20 persen kursi di DPR. Tetapi kita bisa memastikan pemerintahan presidensiil yang kuat, efektif dan produktif karena koalisi kita sejak awal sudah mempunyai modal mayoritas di parlemen dan mayoritas dukungan suara rakyat. Dua jalur Insya Allah kita kuat, jalur di parlemen dan jalur di suara rakyat," kata Ketua DPP Partai Demokrat bidang Politik, Anas Urbaningrum, di Jakarta (14/6).

Anas mengungkapkan, dalam pemerintahan periode 2009-2014 pihaknya menginginkan adanya sebuah pemerintahan yang produktif dalam melayani kepentingan masyarakat dan berprestasi. Dijelaskannya, ukuran prestasi pemerintahan itu adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, sistem politik yang semakin demokratis dan hasil pembangunan makin terdistribusi secara adil.

"Itulah yang menjadi visi, misi dan program aksi dari pasangan SBY-Boediono yang mereka sebut dengan membangun Indonesia yang makin sejahtera, demokratis dan berkeadilan. Ada lima hal yang menjadi isu pokok yang akan dipejuangkan beliau," ujarnya.

Lima isu pokok yang dimaksud Anas yakni melanjutkan pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat, melanjutkan ihtiar untuk terbangunnya tata pemerintahan yang makin baik serta penegakan pilar-pilar demokrasi. Selanjutnya, penegakan hukum dan melanjutkan pemberantasan korupsi, dan melanjutkan pembangunan yang main inklusif dan berkeadilan. (rif)

No comments: