Wednesday, June 10, 2009

Anas: Kampanye Pilpres Damai

(matanews.com) Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Politik, Anas Urbaningrum, menyatakan partainya dan Tim Kampanye Pemenangan SBY-Boediono yakin, kampanye Pilpres akan berlangsung damai dan jauh dari kekerasan. Pernyataan itu dikemukakan sehubungan dengan rencana Deklarasi Kampanye Damai, Rabu malam ini di Jakarta oleh ketiga pasangan capres-cawapres (Megawati-Prabowo, SBY-Boediono dan JK-Wiranto).

Menurut Anas, keyakinan Partai Demokrat itu, Karena semua pasangan calon dan timnya juga mempunyai komitmen untuk menegakkan dan menjalankan kompetisi demokratik. Namun, mantan aktivis HMI yang disebut-sebut telah ditetapkan oleh partainya untuk menduduki Ketua DPR RI periode mendatang ini, mengharapkan, pernyataan kampanye damai itu jangan hanya formalistik.

“Yang juga sangat penting adalah pernyataan yang sejati untuk siap menang dan siap kalah. Statemen yang tidak hanya formalistik dan sekedar memenuhi jadwal ritual, melainkan benar-benar bisa ditunaikan sebagai tradisi politik yang baik,” harapnya.

Seolah meniru apa yang sudah jadi tradisi di negara demokrasi terbesar di dunia, yakni Amerika Serikat, Anas Urbaningrum mengatakan, pihaknya amat merindukan adanya pidato kemenangan dan pidato kekalahan pasca Pilpres. “Kita merindukan itu, sebagai ekspresi suatu kehidupan demokrasi yang dewasa, elegan dan mendidik pasca Pilpres nanti,” katanya.(*z/a)

No comments: