Thursday, June 25, 2009

SBY Ingin KPK Berperan Tanpa Pandang Bulu

VIVAnews – Ketua DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendorong lembaga antikorupsi seperti Komisi Pemberantasan Korupsi berperan tegas, tanpa pandang bulu, adil dan akubtabel.

“Apa yang pernah disampaikan SBY itu, merupakan dukungan dan penegasan tentang pentingnya pemberantasan korupsi,” kata Anas di Jakarta.

Anas menambahkan keinginan SBY memberantas korupsi dinyatakan pula melalui dorongan agar UU Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dapat dituntaskan pemerintahan yang sekarang.

“Akan tetapi kalau dalam kondisi kegentingan yang memaksa, SBY berkomitmen menyelamatkan dengan menerbitkan Perpu,” kata dia.

Karena itu, kata Anas, pihak yang menganggap SBY ingin membubarkan lembaga KPK, merupakan anggapan berbasis pada logika terbalik.

Menurut Anas, apa yang ditegaskan SBY adalah pentingnya kehadiran prinsip akuntabilitas dalam penyelenggaraaan kewenangan, termasuk kewenangan khusus yang dipunyai KPK dalam pemberantasan korupsi.

Terhadap prinsip akuntabilitas kewenangan khusus, Anas yakin KPK juga sepakat. Kata dia, KPK pasti akan berusaha menjaga dan mengembangkan kredibilitas dan kewibawaan lembaganya dengan pelaksanaan kewenangan yang benar-benar akuntabel.

No comments: