Monday, May 11, 2009

Koalisi PD dengan PKS dan PKB Oke, Tinggal PDIP dan PPP

(mediaindonesia.com) JAKARTA--MI: Koalisi Partai Demokrat (PD) dengan partai-partai pendukung semakin mendekati finalisasi. Hanya dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang masih dalam komunikasi politik.

Hingga saat ini, PD baru memastikan berkoalisi dengan satu partai yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PD sudah memiliki kesepahaman dan sepakat melakukan kontrak politik. "Dengan PKS, kami sudah sepaham dan sepakat berkoalisi dengan kontrak politik mendukung pemerintahan presidensial terdiri dari 10 agenda kerja pemerintah dan tinggal ditandatangani," ujar ketua DPP PD bidang politik Anas Urbaningrum dalam pesan singkatnya ke Media Indonesia di Jakarta, Senin (11/5).

Dengan PKS, pasca-munas PKS, PD telah dua kali melakukan pertemuan membahas koalisi. Pertama di Sari Pan Pasifik yang kemudian disusul pertemuan selanjutnya di Nikko Hotel.

Sementara dengan PPP, Anas menyatakan akan segera ditindaklanjuti mengkongkritkan koalisi. Hal itu dilakukan setelah PPP secara internal telah menyatakan resmi mendukung calon presiden dari PD yang juga ketua dewan pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Sedangkan dengan PDIP tengah pada tahapan komunikasi politik substantif untuk membicarakan kepentingan kebangsaan," ujar Anas.

Sebelumnya, SBY di kediamannya di Puri Cikeas Indah, Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/5) malam, menyatakan, dalam satu hingga tiga hari ke depan, PD mematangkan koalisi.

"Memang komunikasi politik dilakukan terus menerus, tetapi semuanya menjadi lebih jelas dan kongkrit setelah hasilnya diumumkan," ujarnya.

Selain mematangkan koalisi, PD akan mendeklarasikan koalisi dan mengumumkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) periode 2009-2014. Yang kemudian akan didaftarkan secara resmi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rencananya, pendeklarasian akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/5). (Rin/OL-04)

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

No comments: