Tuesday, May 12, 2009

PD Yakin Anggota Koalisi Tak Tolak Boediono

(detik.com) Jakarta - Sejumlah parpol anggota koalisi Partai Demokrat (PD) memberi reaksi negatif atas kabar SBY telah memimilih Boediono sebagai bakal pendamping di Pilpres 2009. Tapi reaksi negatif tidak serta merta berarti menolak sosok ekonom tersebut.

"Saya kira bukan penolakan. Tetapi butuh komunikasi dan informasi yang utuh," ujar Ketua DPP PD Anas Urbaningrum pada detikcom, Selasa (12/5/2009).

Elit politisi PKS, PAN dan PPP mengaku kaget mendengar kabar bahwa bakal cawapres SBY adalah Boediono. Sebagai wujud dari kesepakatan kebersamaan telah dijalin, pihak parpol berharap agar pendamping SBY adalah salah seorang kader terbaiknya.

Boediono bukan kader parpol anggota koalisi. Meski pengalaman dan kemampuan Gubernur BI itu sangat dibutuhkan untuk memandu arah perekonomian bangsa melalui krisis global, tapi tetap dia mnecerminkan keterwakilan politik sebagaimana kriteria yang pernah SBY tetapkan.

Menanggapi keberatan dari parpol, PD berkeyakinan kesepahaman dan kesepakatan untuk berkoalisi sudah kuat lahir dan batin. Karenanya rasa optimis terhadap keutuhan dan soliditas di antara parpol anggota koalisi sama sekali tidak berkurang.

"Kami optimis koalisi akan terbangun dan berjalan baik," jawab Anas mengenai acaman PKS, PPP dan PAN hengkang dari koalisi lalu membentuk poros alternatif.

( lh / iy )

No comments: