Saturday, May 16, 2009

PAN: Sikap Partai Belum Final

VIVAnews - Wakil Sekretaris DPW PAN Jatim yang juga Koordinator DPW PAN se-Indonesia Agus Maemun mengatakan PAN belum menyatakan sikap terhadap pasangan capres dan cawapres 2009.

"Sikap partai hingga hari ini, belum final," ujarnya kepada VIVAnews usai konfrensi pers di DPP PAN, Jalan Warung Buncit, Jakarta, Sabtu 16 Mei 2009. "Mungkin finalnya nanti dalam satu dua hari kedepan," katanya.

Menurut Agus masih ada beberapa hal terkait substansi yang memang belum bisa dirapatkan. Substansi tersebut, kata dia, menyangkut hal-hal prinsip yang terkait hajat hidup orang banyak.

"Bagi kami bahwa ajang pilpres ini adalah ajang konsolidasi bukan ajang perpecahan," katanya. Tapi menurutnya bahwa sesuai pernyataan sikap, semua komunikasi politik diserahkan ke ketua umum.

Terkait kedatangan Sekjen PAN Zulkifli Hasan dalam penandatanganan koalisi 25 partai dengan Demokrat di Cikeas siang tadi, kata Agus, Zulkifli memang datang. "Tapi kedatangan dia, hanya karena memenuhi undangan," kata dia. "Kalau tanda tangan koalisi belum," katanya.

Belum tanda tangannya PAN dalam koalisi Partai Demokrat diakui pengurus Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Saat ditemui di Gedung KPU, Anas mengatakan PAN memang belum menandatangani kontrak politik.

"PAN sedang dalam proses. PAN sudah menyatakan koalisi dengan Demokrat tapi belum disempurnakan," kata Anas. Apakah penyempurnaan itu menyangkut tanda tangan, Anas menolak mengakui. "Yang jelas tinggal disempurnakan," katanya.

Soal apa saja deal politik dengan partai-partai pendukung Partai Demokrat, Anas hanya mengatakan, "Tentu rinciannya tidak dibeberkan pada masyarakat tapi substansinya agenda kerja lima tahun ke depan."

No comments: