Wednesday, April 29, 2009

Anas: Koalisi Besar Tidak Selalu Kuat

(detik.com) Jakarta - Koalisi besar yang akan digalang kelompok Teuku Umar, jika jadi terbentuk, akan menghadapi koalisi yang dipimpin oleh Partai Demokrat (PD) dan partai pendukungnya. Namun koalisi besar belum tentu kuat.

"Kadang kala juga ada realitas yang menunjukan bahwa koalisi besar tidak selalu bermakna koalisi kuat," ujar Ketua DPP PD Anas Urbaningrum kepada detikcom lewat sambungan telepon, Rabu (29/4/2009).

Hal ini disampaikan Anas menanggapi rencana koalisi besar yang akan digalang kelompok Teuku Umar yang berisi PDIP, Golkar, Hanura dan Gerindra.

Menurut Anas, kadangkala jalan pikiran dan aspirasi koalisi elit tidak selalu sama dengan suara atau selera rakyat.

"Karena itu koalisi besar bisa saja kalah dengan koalisi sehat-padat yang didukung para pemilih," terang mantan komisioner KPU ini.

Anas mengatakan, tidak mudah untuk membangun koalisi besar. Semakin banyak partai, menurutnya semakin banyak hal yang mesti dirundingkan dan dikompromikan. Menurutnya, siapa pun dan partai apapun yang berkoalisi untuk Pilpres harus dipahami sebagai hal yang baik dan positif bagi demokrasi.

Anas menilai, kata kunci dalam pertarungan Pilpres mendatang bukan pada urusan koalisinya. "Tetapi lebih setrum politiknya," tutup mantan Ketua Umum PB HMI ini.

( Rez / iy )

No comments: