Wednesday, April 29, 2009

Demokrat: Koalisi tak Berdasar Ideologi Parpol

(republika.co.id) JAKARTA—Ketua DPP Partai Demokrat (PD), Anas Urbaningrum, menegaskan, koalisi yang bakal dibangun partainya tidak mendasarkan pada ideologi atau haluan parpol calon mitra koalisi.
“Koalisi PD berbasis platform dan arah kebijakan, tidak berdasar ideologi,” ujar Anas kepada Republika, Rabu (29/4). Anas menjawab adanya kerisauan di tubuh PKS terhadap maraknya isu yang menyatakan PKS merupakan bagian dari faham Wahabi.

Anas menegaskan, PD tidak membahas hal-hal di luar platform dan arah kebijakan koalisi dalam membangun komunikasi politik untuk membentuk persatuan antarparpol.Anas juga menampik jika PD terganggu dengan adanya isu PKS antek Wahabi dalam penentuan mitra koalisi PD dan cawapres SBY.

Sebelumnya, anggota majelis syura PKS, Hidayat Nur Wahid, menyatakan kerisauannya terhadap isu yang menyebut PKS merupakan kepanjangan tangan faham Wahabi. Menurut Hidayat, isu tersebut berpotensi mengganggu keputusan parpol atau elit parpol dalam menentukan koalisi dan kandidat capres/cawapres.

Anas menegaskan, segala macam pertimbangan sampai keputusan akhir cawapres partai bukanlah urusan pengurus PD. “Soal cawapres itu domainnya SBY sebagai capres.”

Dia menjelaskan, Rapimnas PD beberapa waktu lalu telah memberikan madat sepenuhnya kepada SBY untuk memilih figur cawapresnya. “Pastinya Pak SBY akan memilih figur yang tepat dan terbaik untuk kepentingan bangsa,” tandas Anas. ade/kpo

No comments: