Sunday, April 26, 2009

Demokrat Segera Tindaklanjuti Koalisi PKS

TEMPO Interaktif, Jakarta: Tim Sembilan Partai Demokrat akan segera menindaklanjuti keputusan Partai Keadilan Sejahtera yang memilih berkoalisi dengan Partai Demokrat.

"Tim 9 akan akan segera melakukan komunikasi lebih jauh dengan PKS," kata Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, di sela-sela Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat, Minggu (26/4)

Anas mengatakan Partai Demokrat berprinsip sepakat membangun koalisi dengan partai manapun. Jika PKS sudah menetapkan akan berkoalisi dengan Partai Demokrat secara institusional, maka Tim 9 akan berkomunikasi dengan Tim 5 PKS. "Kami akan tindak lanjuti lebih jauh ijab kabulnya," kata Anas.

Partai Demokrat menyambut rencana PKS mengusung Hidayat Nur Wahid sebagai calon wakil presiden. Meski demikian keputusan penuh menentukan cawapres tetap pada Susilo Bambang Yudhoyono. "Sikap Demokrat jelas, serahkan semuanya kepada SBY," kata Anas.

Hari ini Musyawarah Majelis Syuro PKS memutuskan PKS berkoalisi dengan Partai Demokrat. PKS juga akan mengusung calon wakil presiden. Kemungkinan hanya satu nama yang akan diusung oleh PKS yaitu Hidayat Nur Wahid.

Sebelumnya, Partai Golkar mundur dari koalisi dengan Partai Demokrat karena tidak sepakat dengan jumlah calon wakil presiden yang diminta oleh Yudhoyono. Anas mengatakan pembicaraan dengan Partai Golkar memang berbeda dengan PKS. Partai Golkar secara proporsional pantas memperoleh kursi wakil presiden dalam koalisi karena perolehan suara legislatif nomor dua atau nomor tiga.

NININ DAMAYANTI

No comments: