Monday, April 13, 2009

Kami Tak Merasa Jauh Dengan Golkar

VIVAnews - Ketua DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, menegaskan partainya terbuka bagi siapa saja yang ingin berkoalisi. Termasuk berkoalisi kembali dengan Partai Golongan Karya.

"Kami tidak merasa jauh dengan Golkar," kata Anas sebelum rapat di DPP Demokrat, Jakarta, Senin 13 April 2009. "Kita menjalankan politik pintu terbuka dengan partai-partai sahabat itu."

Anas menjelaskan, dalam pembentukan koalisi juga diperlukan adanya kontrak politik. Kontrak itu dibutuhkan pemerintah dan dengan dukungan parlemen agar efektif.

Sebelum Pemilu Legislatif, Demokrat sudah melakukan pertemuan dengan beberapa partai politik. Partai yang sudah bertemu dengan Demokrat antara lain, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Kedaulatan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Mengenai pencalonan pendamping Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon wakil presiden, Anas menyatakan, "Akan ditentukan setelah koalisi."

Berdasarkan hasil penghitungan sementara di Pusat Tabulasi Nasional Komisi Pemilihan Umum, Partai Demokrat masih memimpin. Hingga pukul 13.00 WB, perolehan suara nasional Partai Demokrat 20,23 persen, Golkar 14,4 persen, dan PDI Perjuangan 14,3 persen.

No comments: