Sunday, April 26, 2009

"Baru PKB Resmi Koalisi dengan Demokrat"

VIVAnews - Anggota tim sembilan Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan baru Partai Kebangkitan Bangsa yang tegas menyatakan koalisi dengan Demokrat. Kini, pihaknya masih menjalin komunikasi dengan Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional.

"Kami juga masih konsisten membuka diri dengan Partai Golkar bisa bekerjasama," kata Anas usai pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat di PRJ Kemayoran, Jakarta, Minggu 26 April 2009.

Menurut Anas, Demokrat terus menjalin komunikasi dengan partai yang belum menentukan pilihan. "Prinsipnya menghormati mekanisme internal (partai mitra)," katanya.

Anas mencontohkan, tim sembilan demokrat sudah bertemu dengan tim lima Partai Keadilan Sejahtera. Kedua tim sudah bersepakat menjalin koalisi. "PKS masih harus menunggu keputusan Majelis syura yang sekarang masih berlangsung, kita hormatilah mekanisme internal PKS," ujarnya.

Begitu juga Partai Amanat Nasional. Sampai saat ini, dia menilai belum ada kesepakatan bulat dari PAN. Namun, masih ada dinamika di dalam tubuh partai berlambang matahari itu. "Prinsipnya menunggu," ujarnya.

Sebelumnya, Demokrat dan Partai Golkar saling merapat dan wacana koalisi pun menguat. Namun, pasca gagalnya lobi tim tiga Golkar dan tim sembilan Demokrat, kedua partai malah menjauh. Golkar telah memutuskan untuk maju Pilpres dengan mngusung Jusuf Kalla sebagai capres.

No comments: