Wednesday, April 22, 2009

Soal Cawapres Sumber Gagalnya Koalisi Golkar-PD

(detik.com) Jakarta - Ketua DPP Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum menjelaskan kronologi gagalnya koalisi antara Partai Golkar dan PD. Menurutnya sumber kegagalan itu semata-mata soal cawapres.

"Dalam pertemuan pertama hari Selasa, 21 April siang hari, Partai Golkar mengajukan draft kesepakatan koalisi. Pada prinsipnya semua butir sudah dapat disepakati kecuali satu hal yang berkaitan dengan pasangan capres-cawapres," kata Anas.

Hal ini disampaikan Anas dalam konfrensi pers resmi DPP PD usai rapat tertutup antara Ketua Dewan Pembina PD SBY dan Tim 9 di kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Rabu (22/4/2009).

Menurut Anas, hal yang belum disepakati adalah butir apakah cawapres yang akan diajukan Partai Golkar itu satu nama atau beberapa nama. Karena belum tercapai kesepakatan dalam butir tersebut, imbuhnya, maka disepakati masing-masing partai akan mengkonsultasikan kepada pemberi mandat.

"Karena secara politik isu yang diangkat kami anggap cukup sensitif, agar tidak terjadi kesalahan masing-masing tim bersepakat untuk menyampaikan laporan pada pemberi mandat dalam hal ini Ketua Dewan Pembina DPP PD dan Ketua Umum Partai Golkar," kata Anas.

Anas melanjutkan, setelah pertemuan Selasa siang itu, Tim 9 yang diberi mandat untuk negosiasi dengan Partai Golkar langsung melapor pada DPP PD dan SBY. Namun sebelum ada pembicaraan lanjutan, secara sepihak Partai Golkar memutuskan untuk bercerai dengan PD. Hal inilah yang membuat keluarga besar PD kaget. ( yid / gah )

No comments: