Wednesday, April 29, 2009

Anas: Koalisi Golkar-PDIP Rapuh!

INILAH.COM, Jakarta - Pasca perpisahan dengan Partai Demokrat, Partai Golkar mencoba membangun koalisi besar dengan PDIP serta beberapa parpol lainnya. Namun, bangunan koalisi itu disangsikan dapat kokoh terbentuk alias rapuh.

Menurut Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Politik, Anas Urbaningrum, pihaknya menyambut baik koalisi yang dibangun menjelang pemilu presiden. Sebab, hal tersebut sangat baik dan positif bagi perkembangan demokrasi. Termasuk koalisi besar Partai Golkar-PDIP guna berkompetisi dengan SBY dan Partai Demokrat.

"Tetapi kadangkala realitas mengatakan tidak mudah untuk membangun koalisi besar itu. Semakin banyak partai, apalagi besar-besar semua, semakin banyak hal yang mesti dirundingkan dan dikompromikan," jelas mantan Ketua PB HMI ini dalam pesan singkatnya kepada INILAH.COM di Jakarta, Kamis (30/4).

Tidak hanya itu, tutur Anas, merunut pada kenyataan yang ada koalisi besar terbentuk tidak selalu bermakna kuat. Hal tersebut dikarenakan, tidak sinkronnya jalan pikiran dan aspirasi koalisi elit dengan suara atau selera rakyat.

"Karena itu, koalisi besar bisa saja kalah dengan koalisi sehat-padat yang didukung para pemilih. Kata kunci dalam pemilu presiden bukan ukuran koalisi, tetapi lebih setrum politiknya dengan rakyat pemilih," pungkas mantan anggota KPU ini. [jib]

No comments: