Wednesday, April 29, 2009

Anas: Partai Besar Bisa Saja Kalah

JAKARTA -- Saat ini, pembicaraan dan silaturahmi masing-masing partai mulai mengerucut ke koalisi. Partai Demokrat (PD) menilai, koalisi besar tak sepenuhnya mampu meraih suara rakyat. Terlebih lagi, koalisi ini ditujukan untuk menghadapi pemilihan presiden (pilpres) 2009 yang justru sangat tergantung pada keberpihakan ke masyarakat.

''Koalisi besar bisa saja kalah dengan koalisi sehat-padat yang didukung para pemilih. Kata kunci dalam pilpres bukan ukuran koalisi, tetapi lebih pada setrum politiknya dengan rakyat pemilih,'' kata Ketua DPP PD Bidang Politik, Anas Urbaningrum, di Jakarta, Rabu (29/4).

Menurutnya, siapa pun dan partai apapun yang berkoalisi untuk pilpres harus dipahami beberapa hal, khususnya sebagai hal yang baik dan positif bagi demokrasi. Tentunya, pemahaman ini termasuk jika benar akan terbentuk koalisi besar untuk berkompetisi dengan capres dari PD, yaitu SBY dan partai pendukungnya.

Dari pengamatannya, kadangkala realitas mengatakan bahwa tidak mudah untuk membangun koalisi besar itu. ''Semakin banyak partai, apalagi besar-besar semua, semakin banyak hal yang musti dirundingkan dan dikompromikan.''

Sisi yang lain, tambah Anas, kadangkala juga ada realitas yang menunjukkan bahwa koalisi besar tidak selalu bermakna koalisi kuat.'' Apalagi kadangkala jalan pikiran dan aspirasi koalisi elit tidak selalu sama dengan suara atau selera rakyat.'' wed/ism

No comments: