Friday, April 17, 2009

Anas Urbaningrum: Cawapres SBY Ditentukan Rapimnas Demokrat

(tvone.co.id) Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengungkapkan, calon wakil presiden yang akan mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pilpres mendatang baru akan ditentukan pada Rapimnas Partai Demokrat tanggal 25-26 April mendatang.

"Rapimnas tersebut kemungkinan akan sekaligus menetapkan pula pasangan SBY sebagai cawapres yang diduetkan dalam pilpres mendatang," ujarnya saat menjadi pembicara dalam acara dialektika demokrasi bertema "Koalisi; Siapa Dekati, Siapa Jadi" di ruang wartawan DPR/MPR Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, sebenarnya agenda Rapimnas Demokrat itu adalah meresmikan calon presiden dari Partai Demokrat, namun jika dinamika dan perkembangan politik cukup memungkinkan, maka Rapimnas tersebut juga akan sekaligus menetapkan pula cawapres pasangan SBY.

Lebih lanjut Anas mengatakan bahwa untuk pencalonan presiden itu, partainya tetap berkeinginan menjaling koalisi dengan partai lainnya.

Koalisi yang akan dibangun itu, antara lain, mampu memberikan dukungan stabilitas bagi roda pemerintahan, khususnya di lembaga legislatif.

"Karenanya koalisi yang dibangun mesti diikat dalam kontrak politik dan pihak yang terlibat dalam koalisi ini bersifat institusi," ujarnya.

Ditegaskannya pula bahwa kontrak politik ini akan menjadi panduan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh partai politik anggota koalisi.

"Koalisi sebagai sarana untuk membangun pemerintahan yang kuat dan untuk menjalankan kepentingan rakyat. Intinya koalisi harus bervisi," tegasnya.

Sementara itu Wakil Sekjen DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fachry Hamzah menilai koalisi partai politik 2004 telah gagal mengelola parlemen secara baik.

Ia berharap para pembantu presiden mulai dari wakil presiden dan menteri-menteri tidak ada lagi yang membuat manuver sendiri-sendiri.(ANT)

No comments: