Thursday, April 16, 2009

Tak Ada Capres Berangkat dengan Rasa 'Aman'

(republika.co.id) JAKARTA -- Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan pemilih mandiri akan mendominasi Pemilu Presiden. Menurut dia hal ini tergambar dari data //exit poll// Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilansir Kamis (16/4).

''Koalisi di elite partai politik tidak paralel dengan koalisi mandiri di tingkat pemilih,'' ujar Anas, Kamis (16/4). Data exit poll LSI, ujar dia, memperlihatkan siapa calon Presiden (capres) dari seorang pemilih tidak selalu berasal dari partai politik yang dia dukung pada pemilu legislatif.

Anas mengutip data Partai Hanura sebagai contoh. Meski Ketua Umum partai itu - Wiranto - masuk dalam enam nama pilihan yang disodorkan dalam survei LSI tersebut, ternyata responden pemilih partai ini di pemilu legislatif tidak memilih Wiranto sebagai capresnya. ''Pemilih Hanura ternyata lebih banyak memilih SBY dan Megawati. (Seolah) Hanura disediakan untuk pemilih SBY dan Megawati,'' ujar dia.

Gambaran semacam itu, ujar Anas, memperlihatkan sikap pemilih mandiri yang rasional. ''Split voting seperti itu menggambarkan pemilih baru yang rasional sebagai aset penting dalam demokrasi kita,'' kata dia. Dengan keberadaan pemilih berkarakter semacam ini, menurut dia tak ada satu pun partai dan pasangan capres yang berangkat dengan rasa aman dalam Pemilu Presiden mendatang. ann/kpo

No comments: