Thursday, April 16, 2009

Anas: Koalisi PD Tak Egosentris Elite

INILAH.COM, Jakarta - Seolah tidak ingin terulang dalam membangun koalisi, Partai Demokrat berusaha membentuknya dengan sekokoh mungkin. Karenanya, bangunan koalisi PD tidak didirikan atas dasar keakuan.

"Koalisi tidak boleh egosentris elite. Karena itu, koalisi harus sangat mempertimbangkan kepentingan rakyat," ujat Ketua DPP PD bidang Politik, Anas Urbaningrum, di Kantor Lembaga Survei Indonesia (LSI), di Jakarta, Kamis (16/4).

Menurut mantan anggota KPU ini, koalisi tidak hanya kepentingan parpol semata, namun kepentingan rakyat yang utama. Karena itu, tidak ada pemerintahan yang demokrasi dapat berjalan dengan baik jika koalisi yang dibangun rapuh.

"Karena itu memang pertimbangan koalisi yang terbaik tetap untuk pemerintahan yang makin efektif bekerja, sehingga rakyat yang menunggu dapat segera mengambil hasilnya," ujar dia.

Mengenai kepastian dengan Partai Golkar, Anas enggan menanggapi. Dijelaskan Anas, partainya menyerahkan sepenuhnya keputusan Partai Golkar apakah akan berkoalisi dengan PD atau tidak.

"Itu urusan internal masing-masing partai. Kami tidak posisi mengomentari atau campur tangan. Sehingga diharapkan koalisi yang akan terbangun adalah bersifat institusional," jelas mantan Ketua Umum PB HMI ini. [jib/ana]

No comments: