Wednesday, April 29, 2009

Demokrat Ragukan Koalisi Besar Menang Pemilu Presiden

TEMPO Interaktif, Jakarta: Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum tidak yakin koalisi besar yang sedang digagas Partai Golkar dan PDI Perjuangan mampu memenangkan pemilihan presiden. Koalisi besar bisa saja kalah dengan koalisi padat yang didukung para pemilih.

"Kata kunci dalam pilpres bukan ukuran koalisi, tetapi lebih kepada setrum politiknya dengan rakyat pemilih," kata Anas melalui pesan pendeknya kepada Tempo, Rabu (29/4).

Kemarin Partai Golkar dan PDI Perjuangan berencana menyusun koalisi besar. Koalisi ini akan terdiri dari Partai Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, Hanura, PPP, dan PAN. Koalisi sengaja dibentuk untuk membendung blok Yudhoyono memenangi pemilihan presiden mendatang.

Anas mengatakan siapa pun dan partai apa pun yang berkoalisi dalam pemilihan presiden harus dipahami sebagai hal yang baik dan positif bagi demokrasi, termasuk jika benar akan terbentuk koalisi besar untuk berkompetisi dengan Susilo Bambang Yudhoyono dan partai pendukungnya.

Tetapi, lanjut dia, pada kenyataannya tidak mudah untuk membangun koalisi besar itu. Semakin banyak partai, apalagi besar-besar semua, semakin banyak hal yang mesti dirundingkan dan dikompromikan. Realitas juga menunjukkan koalisi besar tidak selalu bermakna koalisi kuat.

"Apalagi kadang kala jalan pikiran dan aspirasi koalisi elite tidak selalu sama dengan suara atau selera rakyat," kata dia.

NININ DAMAYANTI

No comments: