Friday, May 8, 2009

SBY Sibuk, Deklarasi Capres-Cawapres Diundur 15 Mei

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrat mengundur waktu deklarasi pasangan yang akan mendampingi capresnya, Susilo Bambang Yudhoyono.

Sedianya, deklarasi akan dilakukan pada 11 Mei 2009 di Bandung. Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan, keputusan rapat Tim 9 dengan SBY malam tadi memutuskan untuk mengundurkan deklarasi pada 15 Mei mendatang dengan lokasi yang sama.

Anas mengungkapkan, salah satu alasan pengunduran karena kesibukan dan kepadatan agenda SBY sebagai presiden. "Pertimbangan paling pokok karena jadwal kesibukan Pak SBY sebagai presiden yang cukup padat sampai tanggal 15 Mei," kata Anas, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (9/5).

Kesibukan SBY, Anas menjelaskan, menghadiri World Ocean Conference (WOC) di Manado yang berakhir pada 15 Mei. "Tanggal 15 siang sampai di Jakarta, malamnya langsung ke Bandung untuk deklarasi," kata Anas.

Ia membantah bahwa pengunduran waktu deklarasi karena menunggu kubu PDI Perjuangan mengumumkan siapa pasangan yang akan disandingkan dengan capresnya, Megawati Soekarnoputri. Nama cawapres SBY kemungkinan baru akan diketahui pada hari deklarasi. Anas mengatakan, partainya tidak berpretensi mengumumkan dan menyerahkan hak sepenuhnya kepada SBY, kapan menyampaikannya kepada publik.

Deklarasi yang mepet waktu terakhir pendaftaran pasangan capres-cawapres pada 16 Mei membuat Demokrat mau tidak mau mendaftar pada hari terakhir. "Ya, kita mengoptimalkan waktu yang tersedia," ujar dia.

No comments: