Thursday, July 16, 2009

Demokrat Ajak Semua Partai Terima Pilpres

VIVAnews – Hasil exit poll Lembaga Survei Indonesia yang menyebutkan mayoritas pemilih Indonesia menilai pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2009 berlangsung jujur dan adil dinilai telah mementahkan pandangan kaum elit yang selama ini menyatakan sebaliknya.

“Exit poll 80 persen pemilih menyatakan Pilpres jurdil menunjukkan memang acapkali ada jarak antara pandangan rakyat dan kaum elit. Termasuk dalam konteks Pilpres,” kata Ketua DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, Kamis 16 Juli 2009.

Exit poll LSI itu dilaksanakan pada 9 April 2009 dan 8 Juli 2009 serta postelection survey 20-27 April 2009. Selain menganggap Pemilihan Umum dilaksanakan secara jujur dan adil. Mereka juga menyatakan puas terhadap pelaksanaan demokrasi di Indonesia.

Anas mengatakan pandangan rakyat lebih dapat dipedomani karena mereka tidak terkait dengan kepentingan politik. Pandangan itu, kata Anas, berangkat dari realitasi yang dekat dengan masyarakat.

Pilpres yang berjalan lancar, aman tertib dan damai, bagi Anas merupakan indikator kuat tentang Pemilu yang luber dan jurdil

Selanjutnya Anas menyarankan kepada partai politik yang masih terus menyoal hasil Pilpres agar bertindak proporsional.

Anas mengapresiasi upaya partai-partai itu untuk menemukan kecurangan dan pelanggaran. Tapi, Anas berharap semua itu diproses lewat lembaga dan mekanisme yang diatur oleh UU.

“Jangan berlebih-lebihan karena tidak puas. Jangan sampai merusak kegembiraan dan kebahagiaan politik rakyat,” katanya. “Jika pro rakyat, mari dengarkan suara pandangan rakyat.”

Ajakan Anas ini agaknya ditujukan kepada tim sukses duet Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto dan tim sukses Jusuf Kalla-Wiranto untuk sama-sama menerima hasil Pilpres.

Seperti diketahui, kedua tim sukses pasangan itu getol memperkarakan hasil Pilpres. Mereka menilai ada pelanggaran dan kecurangan selama pelaksanaan Pilpres.

No comments: