Wednesday, July 22, 2009

Rakornas PD Tak Bahas Calon Ketua DPR

(detik.com) Jakarta - Sebagai partai politik yang memperoleh suara terbanyak dalam Pileg 2009, Partai Demokrat (PD) berhak menduduki kursi Ketua DPR-RI. Siapa kader yang pantas di pos penting itu, Rakornas PD tidak membahasnya.

Demikian dikatakan Ketua Umum PD Hadi Utomo saat menjawab pertanyaan tentang bakal calon ketua DPR. Hal ini disampaikan seusai membuka Rakornas PD, Rabu (22/7/2009), di PRJ Kemayoran, Jakarta.

"Masalah tersebut dibahas secara internal nanti, bukan sekarang," ujar Hadi.

Berdasar hitungan sementara dari KPU, PD akan menempatkan kadernya di parlemen untuk periode 2009-2014 sebanyak sekitar 150 kursi. Jumlah ini sangat berpeluang untuk mendudukkan kader PD sebagai ketua DPR jika sistem yang diatur dalam susduk DPR bersifat proporsional.

"Itu dibahas intern karena bagaimana pun posisi itu merupakan kepanjangan partai," sambung Hadi.

Ajang Rakornas PD ini tidak lepas dari kasak-kusuk para caleg terpilih terkait bursa bakal calon ketua DPR. Salah seorang caleg terpilih menyatakan ada dua nama kader utama PD yang mencuat, yakni E.E. Mangindaan dan Anas Urbaningrum.

"Dari kami yang muda-muda, jagokan Mas Anas. Tapi yang senior lebih ke sosok Pak Mangindaan," ujar caleg muda yang meminta namanya tidak disebutkan itu.

( lh / yid )

No comments: