Thursday, July 16, 2009

"SBY Tak dalam Posisi Mengajak Golkar & PDIP"

VIVAnews - Formasi pemerintahan mendatang masih menjadi tanda tanya bagi banyak kalangan. Setelah Golkar disinyalir mendekat kembali ke kubu SBY, kini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan juga dikabarkan mencoba merapat ke SBY meskipun dibantah oleh sejumlah petinggi partai banteng tersebut.

Kalau SBY sendiri bagaimana sikapnya? "Pak SBY tidak dalam posisi mengajak Golkar, PDIP, atau partai-partai lain untuk bergabung ke kubu pemerintahan," ujar Anas Urbaningrum, Ketua DPP Partai Demokrat di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 16 Juli 2009.

Anas menjelaskan, mitra koalisi awal SBY tidak kurang suatu apapun. "Yang bisa saya katakan, modal politik awal koalisi SBY sudah cukup lumayan," tutur Anas yang akan segera bergabung di DPR periode 2009-2014. Menurutnya, partai mitra koalisi SBY menguasai 50 persen lebih kursi DPR RI periode mendatang.

Artinya, koalisi SBY menjadi kubu mayoritas di parlemen. Bila soliditas koalisi ini bisa benar-benar dijaga selama lima tahun ke depan, maka dipastikan mereka akan menjadi kekuatan yang tangguh untuk menghadapi rintangan apapun di parlemen.

"Kebutuhan untuk membangun pemerintahan yang stabil dan efektif, lebih besar dibanding dengan kebutuhan untuk membentuk oposisi yang kuat," kata Anas. Bagaimanapun, sambungnya, oposisi tetap dibutuhkan, tapi oposisi yang cukup kuat, dan tidak terlalu kuat sehingga dapat mengganjal program-program pemerintah.

No comments: