Saturday, July 11, 2009

PD Prioritaskan Partai Koalisi

JAKARTA (okezone.com) - Meski sinyal merapatnya Golkar ke kubu SBY-Boediono semakin kuat, Partai Demokrat mengaku tetap akan mengutamakan partai-partai koalisi pendukung SBY-Boediono di Pilpres lalu untuk menjalankan pemerintahan mendatang. Hal ini penting untuk merawat kekuatan mayoritas di parlemen.

Demikian disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum dalam pesan singkatnya yang diterima okezone, Minggu (12/7/2009). Menurut Anas, modal dasar sebanyak 56 persen kursi di DPR sudah cukup lumayan untuk menjamin dukungan yang kuat kepada pemerintah.

"Tentu saja prioritas utama kami adalah menjaga kekompakan koalisi pengusung, sehingga bisa merawat kekuatan mayoritas di parlemen," ujar mantan Anggota KPU ini.

Anas menambahkan, perihal rencana mendekatnya Partai Golkar, ia menyerahkan sepenuhnya kepada SBY, apakah akan menarik ke dalam pemerintahan atau justru membiarkannya berada di luar dan menjadi oposisi. "Juga tergantung sikap politik Golkar sendiri," kata Anas.

Sebagai peraih suara terbanyak kedua setelah Partai Demokrat, posisi Partai Golkar tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia menilai, pilihan posisi partai Golkar akan mempengaruhi warna politik di Senayan. Kalau Golkar merapat, dukungan parlemen kepada pemerintah tentu akan semakin kuat. "Kalaupun (Golkar) memilih belajar menjadi oposisi, modal politik koalisi sekarang sudah relatif memadai," imbuhnya.

Terhadap dinamika di Golkar, Anas mengaku menghormati urusan dalam negeri partai lain. Partai Demokrat, katanya tidak ada kepentingan untuk ikut masuk dalam urusan internal partai berlambang beringin ini. "Jangankan untuk ikut main, untuk tepuk tangan di luar lapangan pun kami tidak berminat," pungkasnya. (nov)

No comments: