Thursday, July 9, 2009

Anas: Tim JK-Win Bersikap Ksatria

(republika.co.id) JAKARTA--Anggota tim kampanye nasional (Timkamnas) SBY-Boediono, Anas Urbaningrum, di Jakarta, Kamis, menyatakan, pihaknya sangat respek dengan sikap ksatriaan yang dinyatakan oleh Fahmi Idris selaku Ketua Tim Sukses JK-Wiranto.

Ia mengungkapkan itu, setelah Fahmi Idris hari Kamis ini mengucapkan selamat kepada pasangan capres-cawapres SBY-Boediono, atas hasil yang dicapai dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 8 Juli 2009, meskipun rekapitulasi final manual KPU masih harus ditunggu.

"Itu adalah sikap ksatria dalam demokrasi. Mengakui kemenangan pihak lain dan menyampaikan selamat adalah cermin kedewasaan politik," kata Anas Urbaningrum menanggapi sikap ksatriaan Fahmi Idris dkk itu.

Karena itu, ia dan kawan-kawan di Timkamnas SBY-Boediono memberi apresiasi tulus atas pernyataan Fahmi Idris bersama Tim Sukses JK-Wiranto tersebut. "Kami layak menghargai sikap Ketua Tim Sukses JK-Wiranto itu. Sikap itu adalah salah satu pendidikan politik yang baik bagi rakyat dan bahkan bagi politisi," ungkap Anas Urbaningrum lagi.

Sebaliknya, menurut Anas Urbaningrum, pemenang memang seyogianya tidak layak untuk bersikap arogan. "Yang kalah juga tidak perlu rendah diri. Kan semuanya telah berkontribusi besar bagi proses demokratisasi kita," katanya.

Bagi Timkamnas SBY-Boediono, ujarnya, semuanya punya peran penting dalam pematangan demokrasi di Indonesia ini. "Jadi, semuanya adalah pahlawan demokrasi," tandas Anas lagi.ant/kem

No comments: