Thursday, July 16, 2009

PD: SBY Pilih Menteri Seperti Pilih Boediono

INILAH.COM, Jakarta - Tak berbeda jauh ketika menentukan cawapres Boediono, SBY kali ini juga akan mematok kriteria menteri yang ideal untuk mengisi kursi di kabinet. Upaya ini adalah untuk menorehkan catatan SBY di periode kedua masa kepemimpinannya.

"Cara berpikir Pak SBY memilih cawapres itu akan dilanjutkan dalam memilih menteri kabinet. Jadi semangat yang kita tangkap, logika ini akan diteruskan dalam membentuk kabinet," kata Ketua DPP PD Anas Urbaningrum dalam dialog 'Menghitung jatah koalisi' di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/7).

Anas mengatakan, komposisinya seperti, apa itu otoritas presiden terpilih. Demokrat tak mendesak presiden untuk menentukan jatah dan siapa yang menempati kursi di kabinet itu.

"Kami meyakini presiden mengerti persis dapur partai. Presiden terpilih punya kesempatan untuk mengambil pembantu di kabinet dari partai manapun juga. Partai pendukung secara etika politik, pasti akan dihormati. Tetapi tidak menutup kemungkinan partai di luar partai koalisi, bila ia cakap dan berpotensi baik," paparnya.

Karena sebagai capres yang unggul, lanjut dia, SBY punya cita-cita dan komitmen yang kuat agar kabinet yang akan datang lebih efektif dan produktif dari yang sekarang. Karena periode yang kedua diharapkan menjadi catatan yang baik, buat SBY sendiri, maupun lembaga kepresidenan.

"Periode kedua adalah catatan emas untuk mencatatkan sejarah yang indah dalam perjalanan republik ini. Siapapun capresnya punya janji, itulah kontrak politik kepada rakyat. Kontrak politik itu harus ditunaikan dengan baik," ujar Anas. [ikl/sss]

No comments: