Thursday, July 9, 2009

Anas: 2014, Demokrat Tetap Berharap Dukungan SBY

Surabaya (beritajatim.com) - Setelah sukses dalam Pemilu dan Pilpres 2009, Partai Demokrat akan langsung berbenah untuk menyongsong Pemilu dan Pilpres 2014. Pelembagaan organisasi dan rekrutmen kader baru diharapkan bisa memperkuat Partai Demokrat melewati masa transisi menyongsong 2014.

Toh begitu, sekalipun tidak lagi bisa menjagokan SBY, Partai Demokrat berharap bisa tetap mendapat dukungan dari SBY. Sesuai konstitusi, masa jabatan presiden terpilih hanya dua kali.

"Meski kami tidak bisa lagi mencalonkan lagi SBY dalam Pilpres 2014, tetapi kami yakin masih mendapat dukungan dari SBY. Bahkan jika hasil kerja periode 2009-2014 bagus, pasti juga memberi citra positif bagi Partai Demokrat," kata Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Pernyataan itu dikemukakan Anas Urbaningrum dalam perbincangan di Trijaya FM Surabaya dalam rubrik Surabaya Fist Channel dengan Lucky Lokononto (beritajatim.com) dan Ayu Maharani (Trijaya FM), Kamis (9/7/2009) pagi tadi.

Anas mengakui keberhasilan Partai Demokrat dalam Pemilu dan Pilpres 2009 sangat ditentukan oleh figur SBY yang layak jual. Disadari juga tidak mudah untuk menemukan satu figur yang bisa sekuat SBY.

"Karena itu pilihan kami adalah perkuatan kelembagaan partai. Kedepan, kami tidak lagi mengandalkan satu atau dua tokoh kuat. Kami akan memunculkan banyak tokoh yang menjadi pilar partai," kata politikus kelahiran Blitar ini.

Ditanya siapa saja kader Partai Demokrat yang� dipersiapkan sebagai putra mahkota dalam Pilpres 2009, Anas engan menyebutkan. Ia hanya mengatatakan, pada saatnya Partai Demokrat pasti akan menyiapkan dari kader-kader yang selama ini sudah ada maupun yang akan masuk.

"Siapa yang akan dicalonkan sebagai Capres, nanti ditentukan pasar di internal partai dan politik masyarakat. Yang pasti, kami berharap dalam lima tahun kedepan ini Partai Demokrat bisa lebih mandiri untuk memperkuat kelembagaan partai," kata alumni FISIP Unair ini. (bj0)

No comments: